Masjid di Hyderabad India Bagiakan 1 Ton Kurma untuk Berbuka Puasa

Rep: Andrian Saputra/ Red: Dwi Murdaningsih

Ahad 24 Apr 2022 18:40 WIB

Jamaah shalat tarawih di Masjid Makkah di Hyderabad India. Foto: the siasat daily Jamaah shalat tarawih di Masjid Makkah di Hyderabad India.

REPUBLIKA.CO.ID, HYDERABAD — Sejak awal Ramadhan, Masjid Makkah yang ada di Hyderabad, India selalu dipadati oleh jamaah. Seperti dilansir the Siasat Daily pada Ahad (24/4/2022) Pengawas Masjid Makkah MA Khadeer mengatakan bahwa lebih dari 8.000 orang mengunjungi masjid untuk menunaikan sholat selama Ramadhan.

Ia mengatakan pemerintah pun membantu dalam mengatur jamaah yang datang membludak ke masjid Makkah. “Masjid Mekkah adalah masjid paling suci di Hyderabad. Orang-orang menemukan kedamaian di sini dan di Ramadhan, lebih dari 8.000 orang datang ke sini untuk beribadah," kata Khadeer.

Baca Juga

Ia mengatakan seluruh masjid di Hyderabad penuh dengan jamaah. Sementara itu, pemerintah Hyderabad pun membagikan sekitar 1000 kilogram kurma untuk berbuka puasa para jamaah setiap tahunnya. 

"Bahkan setelah Ramadhan, orang-orang datang ke sini untuk sholat sehingga kami memiliki semua pengaturan di tempat. Kami dibantu oleh pemerintah,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa Ketua Menteri telah memberikan dana sebesar Rs 9 crore untuk renovasi masjid yang merupakan yang tertinggi hingga saat ini.

"Kepala Menteri telah memberikan sanksi Rs 9 crore untuk pekerjaan renovasi masjid Mekah di Charminar dan pekerjaan itu akan segera selesai. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Masjid Makkah dana sebesar itu diberikan untuk pembangunan,” katanya.