Ragam Tradisi Berbuka Puasa di Sejumlah Negara

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

 Rabu 27 Apr 2022 05:05 WIB

Relawan menyiapkan hidangan untuk dibagikan kepada orang-orang untuk berbuka puasa selama bulan suci Ramadhan di pinggir jalan, di Karachi, Pakistan, Senin, 4 April 2022. Ragam Tradisi Berbuka Puasa di Sejumlah Negara Foto: AP/Fareed Khan Relawan menyiapkan hidangan untuk dibagikan kepada orang-orang untuk berbuka puasa selama bulan suci Ramadhan di pinggir jalan, di Karachi, Pakistan, Senin, 4 April 2022. Ragam Tradisi Berbuka Puasa di Sejumlah Negara

Tradisi berbuka puasa di dunia dilaksanakan dengan perayaan dan persahabatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam, dan dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Puasa, sholat, refleksi, dan silaturahim, semuanya adalah bagian dari bulan Ramadhan.

Puasa merupakan wajib bagi semua Muslim, kecuali bagi mereka yang sakit kronis, menyusui, bepergian, atau menstruasi. Sahur berarti makan sebelum fajar, sedangkan iftar (berbuka puasa) menandakan pada pesta malam yang menandai akhir puasa.

Baca Juga

Tradisi berbuka puasa di seluruh dunia, dilaksanakan dengan perayaan, persahabatan, dan pesta megah. Berbuka puasa Ramadhan secara tradisional dilakukan dengan kurma dan air, diikuti dengan makanan ringan.

Namun, ada sejumlah makanan yang disiapkan khusus untuk Ramadhan dan terkenal di seluruh dunia. Berikut merupakan daftar kebiasaan berbuka puasa dari seluruh dunia, dilansir di Hindustan Times, Kamis (31/3/2022).

Pakistan

Persiapan makanan berbuka puasa dimulai sekitar tiga jam sebelumnya di rumah dan di warung pinggir jalan. Makanan gurih seperti jalebis, samosa, dan pakoras juga disajikan saat berbuka puasa. Banyak restoran juga menawarkan makanan buka puasa pada waktu ini.

Tepat setelah iftar, sholat tarawih, (shalat 8 atau 20 rakaat) berlangsung. Orang-orang kemudian berduyun-duyun ke bazaar lokal untuk perayaan Chaand Raat (Perayaan untuk merayakan akhir dari Ramadhan).

India

Muslim India berbuka puasa dengan makanan berbuka puasa gratis yang disediakan oleh masjid. Kurma dan air memulai awal makanan berbuka puasa merupakan hidangan vegetarian dan non-vegetarian yang mewah.

Di Hyderabad, orang-orang berbuka puasa dengan haleem. Di negara bagian seperti Delhi, Uttar Pradesh, Madhya Pradesh, dan Benggala Barat, berbuka puasa dimulai dengan kurma, buah yang baru dipotong dan jus buah, diikuti dengan makanan yang digoreng seperti pakodas dan samosa.

Bangladesh

Berbagai macam masakan Bangladesh disiapkan seperti jilapi, muri, haleem, kurma, samosa, dal puri, pitha, aloo chop, singara, ghugni, amerti, bundia, nimki, pakora, khaja, batasa, khabar tula. Orang Bengali berbuka puasa dengan berbagai macam hidangan bersama keluarga dan teman-teman mereka.

Malaysia

Di malaysia, iftar disebut berbuka puasa. Setelah berbuka puasa dengan kurma dan air putih, orang-orang Malaysia juga menikmati minuman bandung, air tebu, susu kedelai dicampur dengan cincau, nasi lemak, laksa, ayam percik, nasi ayam, sate dan popiah.

Mesir

Orang-orang menyalakan lentera warna-warni selama perayaan iftar. Mereka juga menikmati makanan mewah yang terdiri dari bebek, rokak, mahshi (sayuran isi), keshk, kelinci, dan molokheya.

Arab Saudi

Orang-orang mengikuti tradisi puasa dari pagi hingga malam. Kemudian mereka berbuka puasa dengan kurma, kopi Arab, sup, dan kue-kue isi yang digoreng atau dipanggang. Salah satu hidangan tradisional wilayah Barat foul dan tameez, yang merupakan kombinasi dari sup kacang fava dan roti tameez. Di bagian timur, orang berbuka puasa dengan daging dan sayuran rebus yang dikenal sebagai saloona.

https://www.hindustantimes.com/lifestyle/festivals/ramadan-2022-iftar-traditions-around-the-world-101648561138634.html

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X