Doa Singkat Ramadhan Hari ke-20, Lengkap dengan Arab, Latin dan Terjemahan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

 Kamis 21 Apr 2022 17:19 WIB

Berdoa (Ilustrasi). Doa Singkat Ramadhan Hari ke-20, Lengkap dengan Arab, Latin dan Terjemahan Foto: Republika/Putra M. Akbar Berdoa (Ilustrasi). Doa Singkat Ramadhan Hari ke-20, Lengkap dengan Arab, Latin dan Terjemahan

Ramadhan adalah waktu terbaik terkabulnya doa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak Muslim merindukan Ramadhan, salah satu alasannya adalah karena menjadi waktu yang tepat untuk berdoa kepada Allah SWT. Bulan ini adalah waktu terbaik untuk berdoa karena menggabungkan dua keutamaan, yakni keutamaan waktu dan keutamaan berdoa saat puasa. 

 

Baca Juga

Salah satu doa dianjurkan ulama untuk dibaca di hari ke-20 bulan Ramadhan yang akan berlangsung pada Jumat (22/4/2022), bagi yang memulakan puasa Ramadhan 3 April.

 

Dilansir dari Elbalad, Kamis (21/4/2022), berikut doa yang dianjurkan dibaca selama momen tersebut:

اللهم أقضي حاجتي وفك كربتي وانس وحدتي وفرج همي ودبر لي أمري وطمئن قلبي يارب العالمين

Latin: Allahummaqdhi hajati, wa fukka karbati, wa aanis wahdati, wa farrij hammi, wa dabbir li amri, wathmain qolbi, ya robbal 'alamin. 

Artinya: "Ya Allah, kabulkanlah segala hajatku dan hilangkan kesedihanku, lupakan kesepianku, hilangkan kekhawatiranku, aturlah urusanku untukku dan tenangkan hatiku, wahai Tuhan semesta alam." 

Seperti diketahui, Ramadhan adalah waktu terbaik terkabulnya doa dikuatkan lagi dengan hadits dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar).  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X