Penyebab Bau Mulut tidak Cuma karena Produksi Saliva Turun Saat Berpuasa

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Reiny Dwinanda

 Jumat 22 Apr 2022 03:50 WIB

Bau mulut (Ilustrasi). Ada beragam penyebab bau mulut, bukan cuma efek tidak mengunyah saat berpuasa. Foto: flickr Bau mulut (Ilustrasi). Ada beragam penyebab bau mulut, bukan cuma efek tidak mengunyah saat berpuasa.

Ketahui penyebab bau mulut.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bau mulut menjadi tantangan tersendiri saat berpuasa. Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada, Suryono, mengatakan bahwa keluhan itu terjadi akibat produksi saliva atau air liur mulut menurun karena otot pengunyah tidak bekerja seperti saat tidak berpuasa.

"Selain itu, saat puasa, tidak makan menjadikan pergerakan otot menurun hingga pembersihan alami sisa-sisa makanan yang tertinggal di rongga mulut pun menurun," kata Suryono, Kamis (21/4/2022).

Baca Juga

Meski begitu, Suryono menjelaskan, penyebab bau mulut tidak hanya dikarenakan turunnya produksi saliva, tapi juga berhubungan status kebersihan mulut. Misalnya seberapa banyak plak maupun karang gigi. Sebab, bau mengindikasikan ada permasalahan kesehatan.

"Bau mulut merupakan permasalahan kesehatan mulut, gigi, dan gusi, misalnya gigi tidak sehat, berlubang, maupun mulut kering," ujar Suryono.

Lalu, konsumsi makanan yang berbau tajam atau menyengat, seperti bawang, petai, dan jengkol juga bisa memicu bau mulut. Merokok juga bisa menyebabkan bau tidak sedap di mulut akibat kandungan tembakau di dalamnya.

Berita Lainnya