8 Tips Meningkatkan Motivasi Diri di Hari-Hari Terakhir Ramadhan

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

 Kamis 21 Apr 2022 04:05 WIB

Santri sepuh membaca Alquran sembari menunggu berbuka puasa di Masjid Agung Payaman, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (19/4/2022). Meski Pondok Sepuh Payaman masih tutup saat Ramadhan ini, animo santri sepuh untuk datang tidak surut. Sekitar 50an santri sepuh mondok di Masjid Agung Payaman saat Ramadhan ini. Mereka nginap di rumah-rumah warga sekitar masjid. Santri sepuh mengaji atau ngaos bersama Kyai usai shalat Shubuh dan sebelum zhuhur. 8 Tips Meningkatkan Motivasi Diri di Hari-Hari Terakhir Ramadhan Foto: Wihdan Hidayat / Republika Santri sepuh membaca Alquran sembari menunggu berbuka puasa di Masjid Agung Payaman, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (19/4/2022). Meski Pondok Sepuh Payaman masih tutup saat Ramadhan ini, animo santri sepuh untuk datang tidak surut. Sekitar 50an santri sepuh mondok di Masjid Agung Payaman saat Ramadhan ini. Mereka nginap di rumah-rumah warga sekitar masjid. Santri sepuh mengaji atau ngaos bersama Kyai usai shalat Shubuh dan sebelum zhuhur. 8 Tips Meningkatkan Motivasi Diri di Hari-Hari Terakhir Ramadhan

Perbanyak doa terutama saat berbuka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang akhir bulan Ramadhan, saatnya memaksimalkan berkah bulan suci. Berikut adalah delapan tips dikutip dari About Islam, untuk membantu meningkatkan motivasi Anda selama 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

8 Tips Meningkatkan Motivasi Diri di Hari-Hari Terakhir Ramadhan

 

Baca Juga

1. Buat rencana

Tulis dan simpan rencana-rencana tersebut di dekat sajadah Anda. Misalnya mengejar malam Lailatul Qadar, mengkhatamkan Alquran, niat Anda untuk tahun depan, dan tindakan amal yang masih ingin Anda lakukan.

 

2. Makan dengan baik

 

Tetap makan makanan sehat (protein berkualitas dan karbohidrat utuh), dan minum banyak air untuk menjaga energi meskipun puasa sudah memasuki hari-hari terakhir. 

“Jika orang yang berpuasa berbuka, maka doanya tidak akan dibatalkan. Nabi Muhammad (SAW) sebagaimana diriwayatkan oleh 'Abdullah bin 'Amr bin (Sunan Ibnu Majah).

 

3. Perbanyak doa

 

Perbanyak doa terutama saat berbuka. Berhentilah sejenak dan buatlah doa yang tulus kepada Allah. Ini adalah kesempatan besar untuk didengar dan dijawab. Mohon ampun selama ini.

 

4. Berolahraga, meski hanya sedikit

 

Jika Anda belum berolahraga sepanjang Ramadhan, sekarang Anda benar-benar perlu meningkatkan sirkulasi dan energi. Bahkan peregangan sederhana seperti yoga akan membuat Anda merasa lebih baik dan meningkatkan fungsi kognitif. Merasa lebih baik akan membantu Anda beribadah dengan lebih baik.

 

5. Terus berlatih bersyukur

 

Ramadhan kali ini memiliki tantangan yang sangat unik. Tidak diragukan lagi, kita semua kadang-kadang kehilangan kesabaran. Sekaranglah saatnya untuk memfokuskan kembali dan menunjukkan rasa syukur atas banyaknya berkah yang Anda miliki dalam hidup Anda.

 

6. Teman sholat

 

Sholat bersama anggota keluarga lainnya, khususnya sholat tarawih. Itu akan memberi Anda dorongan untuk terus melakukan sholat tarawih sambil meningkatkan perasaan damai dan berkah.

 

7. Dzikir, Dzikir, Dzikir

 

Setelah mengucapkan “Bismillah” sebelum memulai setiap tugas, berdzikir adalah salah satu amalan yang paling mudah untuk dilakukan. Lakukan setiap saat.

 

8. Tidak ada penyesalan

 

Ini adalah beberapa hari terakhir di bulan Ramadhan yang agung. Mungkin juga Ramadhan terakhirmu. Sekarang bukan waktunya untuk menyesali dan memikirkan apa yang belum Anda capai. Dorong diri untuk menyelesaikan dengan kuat dan menuai berkah sebanyak yang Anda bisa.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X