Konsumsi Makanan Ini Agar Tetap Terhidrasi Selama Puasa

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

 Rabu 20 Apr 2022 15:35 WIB

Pedagang menata buah-buahan di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Rabu (6/4/2022). Menurut pedagang setempat, saat memasuki bulan Ramadhan, permintaan buah lokal untuk kebutuhan berbuka puasa meningkat 70 persen dibandingkan bulan biasanya.  Konsumsi Makanan Ini Agar Tetap Terhidrasi Selama Puasa Foto: Antara/Reno Esnir Pedagang menata buah-buahan di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Rabu (6/4/2022). Menurut pedagang setempat, saat memasuki bulan Ramadhan, permintaan buah lokal untuk kebutuhan berbuka puasa meningkat 70 persen dibandingkan bulan biasanya. Konsumsi Makanan Ini Agar Tetap Terhidrasi Selama Puasa

Kebanyakan orang selama Ramadhan akan mengalami dehidrasi ringan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama puasa, tubuh menggunakan glikogen (disimpan di hati, otot dan lemak) untuk menyediakan energi setelah semua kalori dari makanan yang dikonsumsi selama sahur telah habis.

Karena tubuh tidak dapat menyimpan air, ginjal mencoba menghemat air sebanyak mungkin dengan mengurangi jumlah yang hilang dalam urine. Namun, tubuh tidak dapat menghindari kehilangan air ketika Anda buang air, keluar melalui kulit, ketika bernapas, dan ketika Anda berkeringat.

Baca Juga

Kebanyakan orang selama Ramadhan akan mengalami dehidrasi ringan. Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan, dan sulit berkonsentrasi. Oleh karena itu, penting untuk mengganti cairan yang hilang saat sahur dan berbuka puasa. 

Dilansir dari Khaleej Times, Rabu (20/4/2022), memilih makanan yang tepat ketika sahur dan berbuka sangat penting untuk membantu tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Misalnya makanan rendah lemak dan kaya cairan seperti sup, yoghurt, semur, buah-buahan dan sayuran berdaging. Selain itu, hindari makanan asin dan diawetkan karena merangsang rasa haus.

Makanan agar Anda tetap terhidrasi selama puasa

Sahur

Pilihlah makanan ringan dan sehat, sertakan makanan yang kaya serat seperti oatmeal, yang akan membuat Anda merasa berenergi sepanjang hari. Mengakhiri sahur dengan yoghurt terbukti bermanfaat untuk menenangkan perut, mengurangi keasaman dan akhirnya mencegah dehidrasi.

Pisang dan apel menambahkan serat ke dalam makanan, buah-buahan ini rendah kalori dan tinggi nutrisi yang diperlukan seperti serat, vitamin C, dan berbagai antioksidan yang dapat membantu mengatasi kelelahan.

Buka Puasa

● Minuman tradisional seperti labaan, jus aprikot, lemonade, buttermilk.

● Jus buah segar, smoothie buah yang dibuat dengan susu rendah lemak dan air kelapa.

 Buah-buahan seperti melon, apel, anggur, jeruk, beri dan pisang yang kaya akan nutrisi dan cairan.

 Sup dan semur tradisional berdasarkan kaldu daging yang ditambahkan dengan lentil, kacang-kacangan dan biji-bijian seperti bulgur, couscous dan barley.

 Minumlah air dalam jumlah kecil setiap jam. Ini adalah minuman terbaik di dunia untuk rehidrasi.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X