Senin, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 Februari 2020

Senin, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 Februari 2020

 

UGM Gelar Diskusi Soal Energi

Kamis 26 Jul 2012 23:44 WIB

Red: Hafidz Muftisany

Seminar kemandirian energi RDK JS UGM

Seminar kemandirian energi RDK JS UGM

Foto: dok pri

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Jamaah Shalahuddin UGM dalam Ramadhan Di Kampus (RDK) 1433 H mengadakan seminar 'Wujudkan Indonesia Mandiri Energi'.

Acara yang menghadirkan Dr. Kuwat Triyana (dosen pascasarjana fisika UGM), Prof. Dr. Ing. Fahmi Amhar (peneliti utama bidang system informasi spasial, Badan Informasi Geospasial) dan Tri Mumpuni (tokoh perubahan, penemu PLTMH) ini digelar di Auditorium Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Rabu (25/7).

Salah satu masalah yang diungkapkan Dr. Kuwat Triyana adalah eksploitasi SDE, pernyataan tersebut didukung oleh Prof. Dr. Ing. Fahmi, “Untuk mengurangi eksploitasi Sumber Daya Ekonomi ini maka kita sebaiknya beralih menggunakan energi alternatif, seperti energi surya dan melakukan pengelolaan SDA secara syariah,” ungkap Fahmi.

“Namun disamping itu, peran pemuda sangatlah penting karena pemuda lah agent of change untuk Indonesia ini dan kita hanya perlu niat dan kerja keras mewujudkan Indonesia Mandiri Energi” imbuh Tri Mumpuni. 

Diakhir seminar seluruh peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia yang dipandu oleh Tri Mumpuni. Seminar yang penuh inspirasi ini berakhir pada pukul 13.10 WIB.

Adapun tujuan diadakannya seminar ini adalah menyadarkan kepada kita bahwa negeri yang kita tapaki sekarang ini sudah tua, sudah seharusnya kita sebagai warga Negara yang baik untuk selalu merawat apa yang ada di Indonesia demi kebaikan kita sekarang, nanti, dan selamanya.

Seminar yang dihadiri oleh 200 peserta dari berbagai universitas di Indonesia ini berisi tentang berbagai macam masalah energi yang terjadi di Tanah Air kita. 

***

kiriman Lembaga Dakwah Kampus Jama'ah Shalahuddin UGM

Jika anda punya informasi kegiatan Ramadhan di lingkungan sekitar, tempat kerja, masjid, kampus, sekolah, kirimkan ke ramadhan@rol.republika.co.id

 

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA