Beginilah Cara Mata Berpuasa (2-habis)

Rep: Hannan Putra/ Red: Hafidz Muftisany

Ahad 12 Aug 2012 04:20 WIB

Mata (ilustrasi) Mata (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Para ulama salah juga pernah mengatakan, "Mata ibaratnya seorang panglima perang. Bila dilepas maka ia akan memangsa, dan bila diikat ia akan tunduk. Demikian juga dengan mata. Bila ia dibebaskan sebebas-bebasnya, maka ia akan membawa hati kepada kehancuran."

Syah Al-Karmani berujar, "Barangsiapa mengendalikan pandangannya dari hal-hal haram, mengisi batinnya dengan takwa, mengisi lahiriahnya dengan mengikuti As- Sunnah, maka firasatnya tidak akan pernah keliru." Kemudian ia membaca ayat Alquran, "Dan sesungguhnya pada yang demikian itu sungguh terdapat tanda-tanda kekuasaan Kami bagi orang yang memperhatikan tanda tanda." (QS. Al-Hijr, 75).

Dalam menahan pandangan terdapat 5 manfaat, yaitu;

1. Ketaatan kepada Allah Yang Maha Kuasa, terutama berkenaan dengan perintah mengendalikan pandangan. Dan dengan ini anda dapat memperoleh kenikmatan dan kemuliaan di dunia dan akhirat.

2. Hati menjadi bersih, tenang, tentram, ceria dan gembira.

3. Jauh dari petaka, aman dari bahaya, dan berhati-hati untuk tidak terjerumus dalam kesalahan.

4. Allah memberi hamba-Nya pertolongan berupa ilmu, ma’rifah, taufiq, dan kebenaran sebagai balasan atas ketakwanya.

5. Allah memberi kekuatan pembeda yang hak dan yang batil dalam hati orang-orang ’arif, memberi cahaya dalam hati orang-orang jujur. Dan itu diberikan Allah untuk orang yang mengendalikan pandangannya.

Bila Ramadhan telah masuk, mata diminta untuk berpuasa sebagai bukti ketaatan kepada Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri. Rasa lapar kerap memberi kesempatan kepada mata untuk memperoleh keutamaan. Rasa lapar menjinakkan liarnya mata, menahan langkahnya, mengikat rasa lapar melemahkan syahwat pandangan, memadamkan panasnya pandangan.

Hendaknya mata kita jga berpuasa dari hal-hal haram seperti kita puasa tidak makan dan minum. Dengan demikian mudah-mudahan hati kita menjadi bersih, jiwa kita menjadi tentram.

Allah SWT berfirman, "Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka dengan surga dan pakaian sutera, di dalamnya mereka duduk bertelekan diatas dipan, mereka tidak merasakan di dalamnya teriknya matahari dan tidak pula dingin yang sangat." (QS. Ad-Dahr, 12-13).

Kesejahteraan bagi orang yang matanya berpuasa untuk memperoleh ridha Allah SWT, untuk memperoleh rahmat dan berkah-Nya.

Terpopuler