Wow...Dua Pemuda Amerika Jelajah 30 Masjid Selama Ramadhan

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Senin 15 Aug 2011 15:47 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK—Selama bulan Ramadan, dua orang Muslim dari New York mengunjungi 30 masjid di seantero AS. Dari perjalanan itu, mereka akan menuliskan tentang pengalaman mereka dalam sebuah blog.

Melalui perjalanan ini,  Ali dan Bassam mencoba untuk menyembuhkan trauma psikologis kepada mereka yang sempat merasakan ketakutan terhadap Islam.

Aman Ali dan Bassam Tariq, dua orang penjelajah itu, diawal perjalanan menyempatkan diri berhenti di Masjid Corvallis. Konon di masjid itu, rekan mereka, Mohamud Mohamed Osman ditangkap lantaran dituduh merencanakan peledakan pohon Natal di Portland, Oregon, November lalu.

Pasangan ini juga sempat mengunjungi masjid di Las Vegas, Nevada dan bertemu Amanullah Naqsyabandi. Naqsyabandi bekerja di sebuah kasino untuk memenuhi kebutuhan meskipun Islam melarang perjudian.

Sementara, keduanya memastikan penjelajahan 30 masjid bukanlah dimaksud untuk mencari sensasi. Mereka sepakat untuk mengubah sterotip negatif tentang Muslim di mata warga AS. Keduanya prihatin dengan cerita negatif tentang Islam. Selama 30 hari perjalanan, keduanya menghabiskan dana $ 12.000.

 

Courtesy of Youtube