Usai Shalat Ied, Jalanan Jakarta Lengang

Rep: Ahmad Reza Safitri/ Red: cr01

Rabu 31 Aug 2011 12:45 WIB

Kendaraan melintas di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Rabu (31/8). Foto: Republika /Agung Supriyanto Kendaraan melintas di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Rabu (31/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sejumlah jalan raya di beberapa wilayah Jakarta terpantau lenganag, Rabu (31/8). Hiruk pikuk kendaraan yang biasanya mudah terlihat, kini berganti rupa.

Berdasarkan hasil pantauan Republika, sejumlah ruas jalan yang terlihat lengang yakni di Jalan Raya Sudirman. Dari arah Senayan menuju Bundaran HI, waktu yang dapat ditempuh berkisar antara 10-15 menit dengan kendaraan bermotor. Begitu pun arah sebaliknya. "Semoga Jakarta selalu seperti ini," harap Ivan, warga Bendungan Hilir.

Kendaraan pribadi roda empat, menjadi yang mendominasi. "Tapi jumlahnya masih bisa dihitung," kata Ivan yang juga petugas keamanan di salah satu perusahaan swasta di Kawasan Niaga Sudirman.

Namun di tengah kondisi lengang, sejumlah penumpang angkutan kota terlihat menumpuk di beberapa tempat perhentian bus. Halte di Jalan Merdeka Barat contohnya, sejumlah calon penumpang angkutan kota terlihat menumpuk. "Sudah hampir satu jam saya nunggu bus tujuan Ciputat, Tangerang Selatan," ungkap salah satu calon penumpang, Maryam.

Sepinya angkutan kota, kata Maryam, membuat dirinya harus menunggu lama di halte tersebut. Selain kendaraan angkutan kota seperti bus yang langka, angkutan lainnya juga menunjukkan hal serupa. "Mau taksi aja susah," kata calon penumpang lainnya.

Namun suasana berbeda terjadi di sepanjang Jalan Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Puluhan kendaraan terlihat mengular. Antrean kendaraan itu disebabkan ramainya warga yang ingin melakukan ziarah kubur.

Selain itu, banyaknya mobil yang diparkir di sisi jalan tersebut membuat kemacetan menjadi tak terhindarkan.

Terpopuler