Bintang Manchester City Ini Sambut Ramadhan

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Heri Ruslan

Ahad 22 Jul 2012 05:39 WIB

Samir Nasri Foto: Laurent Cipriani/AP Samir Nasri

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Banyak pesepak bola yang merumput di Eropa menganut agama Islam. Di antara nama beken yang layak dikedepankan sebagai pesepak bola papan atas yang dikenal taat adalah gelandang Manchester City, Samir Nasri.

Meski dikenal bengal karena emosinya sulit dikendalikan dan pernah terlibat perselisihan dengan wartawan, namun Nasri dikenal sebagai pemain yang secara terang-terangan menunjukkan identitasnya sebagai pemeluk Islam.

Hal itu tentu patut diapresiasi sebab di tengah kepungan budaya Barat yang memandang negatif Islam, maka Nasri bisa dikatakan sebagai duta agama. Pasalnya, bintang Les Bleus itu tidak sungkan-sungkan melakukan ritual agama ketika berada di lapangan hijau.

Itu lantaran mantan pemain Arsenal tersebut tidak segan berdoa sebelum laga dimulai hingga merayakan gol dengan mengangkat kedua tangan ke atas sebagai tanda syukur kepada Allah SWT.

Setelah menghebohkan pecinta bola dengan menegaskan bahwa kesuksesannya mengantarkan the Citizen meraih gelar Liga Primer Inggris karena restu Sang Pencipta sambil memekikkan "Allah Akbar!", kali ini Nasri mengucapkan sambutan akan datangnya bulan Ramadhan 1433 hijriah.

Ia menyampaikan kebahagiannya itu melalui akun twitter-nya lewat bahasa Inggris dan Prancis. "Happy Ramadan Kareem to all the Muslims. Bon Ramadan a tous les musulmans," kicau Nasri di @SamNasri19. Ia mengucapkan selamat berpuasa bagi semua umat Islam di dunia.

Kepada kantor berita AFP, Nasri menyatakan berpuasa ketika klubnya sedang tidak bermain. Kalau ada jadwal pertandingan, ia tidak memaksakan diri untuk berpuasa dan berjanji bakal menggantinya di hari lain. Yang pasti, ia sadar puasa itu wajib dan setiap Muslim tidak bisa lari dari tanggung jawab terhadap keyakinannya.

Terpopuler