Mentan: Stok Daging Sapi untuk Lebaran Aman

Red: Taufik Rachman

 Senin 13 Aug 2012 23:17 WIB

Daging sapi (ilustrasi) Foto: Wihdan Hidayat/Republika Daging sapi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri Pertanian Suswono mengatakan, stok daging sapi untuk kebutuhan Idul Fitri 1433 Hijriyah sudah ada dan aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

"Stok sudah ada jadi tak ada masalah, yang penting di mana posisi yang akan mulai naik nanti bisa kita perintahkan ... untuk menyuplai ke sana," kata Mentan di Kantor Presiden, Jakarta, Senin.

Menurut Mentan, pemerintah akan memantau ketersediaan daging sapi di pasar menjelang dan setelah Lebaran untuk memastikan tidak terjadi lonjakan harga yang di luar kewajaran.

Sementara itu pekan lalu Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan bahwa sejumlah harga bahan pokok di Indonesia memasuki pekan ke tiga bulan Ramadhan pada kondisi stabil, kecuali kedelai dan daging sapi.

Untuk harga daging sapi, Gita mengaku ada kenaikan dari sebelumnya Rp70.000 menjadi Rp 75.000-Rp 80.000 pada pekan ini. Meski demikian, pasokan daging hingga lebaran tiba akan terpenuhi mengingat pemerintah telah memutuskan impor 7.000 ton sapi.

"Harga daging saya rasa tidak akan terus melonjak karena kami akan terus memantau dan pasokannya sejauh ini masih mencukupi," kata Gita.

Menurut dia, alokasi impor 7.000 ton sapi kepada asosiasi sudah dilakukan namun realisasi pengiriman sapi tersebut masih belum diketahui.

Sebelumnya, beberapa harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan memasuki bulan Ramadhan 1433 Hijriyah akibat meningkatnya permintaan.

Untuk kenaikan harga daging sapi, selain faktor pasok daging, penyebab lainnya adalah karena permintaan daging sapi yang meninggi sampai lebaran tiba, sehingga sejumlah pedagang memanfaatkan keadaan tersebut.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X