Kurma Impor Banjiri Pekanbaru

Red: M Irwan Ariefyanto

 Kamis 19 Jul 2012 13:32 WIB

Buah kurma Foto: tajagroproducts.com Buah kurma

REPUBLIKA.CO.ID,PEKANBARU -- Memasuki bulan suci Ramadhan 1433 Hijriyah, buah kurma impor berbagai merek asal Arab Saudi mulai membanjiri sejumlah pasar tradisional di Pekanbaru, Riau, dengan tawaran harga yang beragam.

Hampir seluruh pedagang buah yang berjualan di sisi jalan raya dan pasar tradisional "Kota Bertuah" tersebut menjual buah kurma yang diimpor langsung dari Arab Saudi.

Seorang pedagang, Kamala (33) menyatakan harga yang ditawarkan cukup bervariasi mulai dengan harga Rp 20.000 hingga Rp 30.000 per kilogramnya. "Saat ini harganya memang masih murah, tapi biasanya saat bulan puasa, harganya bisa mencapai Rp 25.000 hingga Rp 45.000 per kilonya. Buah kurma ini memang asli impor dari Arab Saudi namun kami memasoknya dari Kota Dumai yang sudah dikemas dalam bentuk kotak," katanya.

Buah kurma impor asal Tunisia dan Arab Saudi sebelumnya juga tampak membanjiri pasar dan toko swalayan di Kota Dumai, Riau, menjelang masuknya bulan suci Ramadan 1433 Hijriyah.

Penjualan buah kurma selalu marak dan hampir terjadi setiap tahun menjelang masuknya bulan puasa sebagai hidangan pembuka puasa, demikian pengakuan Ahmad, seorang pedagang di Dumai.

Di Kota Dumai selaku daerah dengan pelabuhan internasionalnya, perdagangan buah khas gurun pasir itu banyak dijual dalam bentuk kemasan dan curah, dengan harga yang bervariasi dimulai dari Rp8.000 per kemasan.

Pantauan di salah satu pusat perbelanjaan modern Dumai juga menyebutkan bahwa penjualan kurma impor berbagai kemasan ini dipajang dengan khusus di salah satu sudut ruang pertokoan tersebut.

Juga tidak sedikit, kurma yang baru datang lewat kapal-kapal besar yang singgah di pelabuhan di sana, kemudian di transit ke dalam truk untuk di pasarkan di sejumlah wilayah luar kota termasuk Pekanbaru bahkan sejumlah wilayah luar provinsi.

Di Kota Dumai, untuk buah kurma asal Arab Saudi dengan kemasan 100 gram dijual seharga sekitar Rp 8.000. Sedangkan kurma dari Negara Tunisia berbagai kemasan dijual dengan harga hingga Rp43 ribu untuk ukuran 500 gram.

Adapun harga kurma curah lebih murah dibanding kurma impor, yakni Rp 18.238 per kemasan berat 628 gram. Jenis curah ini yang juga kebanyakan di pasarkan di Ibu kota Riau, Pekanbaru.


sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X