Pedagang Tiban, Ketiban Rejeki Saat Lebaran

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Sadly Rachman

 Selasa 06 Sep 2011 10:42 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA--Pemandangan ratusan lapak- lapak penjual aneka jajanan khas dan ragam minuman segar ini, hanya dapat ditemui setahun sekali di sekitar gerbang menuju Kota Bukit Indah, Cikopo, Kabupaten Purwakarta. Di jalur arteri menuju gerbang Kalihurip, Tol Jakarta- Cikampek dan kota Karawang melalui Dawuan ini, setiap tahun sekali banyak dijumpai ratusan pedagang tiban.

Mudik Lebaran memang selalu menghadirkan kepadatan serta kemacetan arus lalulintas. Namun bagi sebagian warga, mudik Lebaran merupakan berkah tersendiri. Encih, warga Cikopo mengaku, mudik Lebaran ini merupakan momentum yang tepat untuk mengais rejeki. Khususnya dari mobilisasi warga yang akan berlebaran di kampung halaman.

Setiap musim arus mudik dan balik Lebaran tiba, mereka 'maremaan' (memanfaatkan kesempatan) dengan menjual aneka minuman pelepas dahaga di kawasan yang banyak dilalui pemudik bermobil maupun bersepedamotor ini.Mulai dari es kelapa muda, beragam minuman segar, serta aneka jajanan khas setempat.

Dari 'maremaan' ini, warga yang biasanya berjualan di depan gerbang Tol Cikopo inipun mampu mengais untung dua kali lipat setiap harinya.Bagi para pemudik, keberadaan pedagang 'mareman' di kawasan ini juga sangat dibutuhkan untuk sekedar beristirahat, setelah seharian menempuh perjalanan panjang.

Awang Hermawan, pemudik asal Bekasi mengaku kawasan Kota Bukit Indah  menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat. Selain lokasinya yang asri oleh rimbun pepohonan, keberadaan para pedagang ini juga sangat membantu untuk melepas dahaga.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X