Maktoob, Situs Ramadhan dari Yahoo!

Red: Djibril Muhammad

Senin 25 Jul 2011 11:30 WIB

Logo Yahoo Logo Yahoo

REPUBLIKA.CO.ID, CAIRO - Menyambut datangnya bulan suci bulan ramdhan, yang akan jatuh pada awal Agustus tahun ini, Yahoo meluncurkan situs Ramadhan, dari Yahoo! Maktoob. Kanal tersebut, memanjakan para pembaca untuk dapat mengakses seputar gaya hidup beragama dan kanal entertainment.

Selain itu, juga menyajikan ulasan bagaimana cara beribadah dengan baik dan benar serta jadwal berbuka puasa yang didasarkan pada waktu, kota dan negara di dunia. Alamat situs maktoob.ramadhan.yahoo.com, menyuguhkan berbagai konten yang relevan selama bulan puasa, seperti Helwa, video, forum, pencarian, OMG!, dan berita, menurut pernyataan yang disampaikan Yahoo.

"Kami menyeleksi berbagai konten yang relevan selama periode ini dari beragam tema, yang dapat memanjakan para pembaca dan pengguna," ujar Wakil Presiden dan Direktur Manajer Yahoo di Timur Tengah, Ahmed Nassef dalam pernyataannya.

Kanal OMG, misalnya, menyuguhkan berita seputar pelaksanaan dan mengisi waktu selama bulan Ramadhan. Helwa, diperuntukkan kepada kaum hawa, yang akan membawa sekitar 16 ribu pengguna. Video, bakal menyajikan acara televisi populer, memasak, berita dan pergelaran Islam.

Tidak hanya itu, para pembaca juga dimanjakan dengan permainan, yang dinamakan Game Ramadhan, yang didalamnya bernama Game Qatayef, yang mengacu pada game di padang pasir, serta game seputar memasak.

"Bagi kebanyakan orang, Ramadhan adalah waktu untuk beribadah, mendiskusikan pengalaman dengan teman dan keluarga, serta refleksi. Selain itu juga dapat memengaruhi gaya hidup orang dan bagaimana mereka mengonsumsi informasi dan konten," beber Nassef.

"Tidak begitu mengejutkan, karena internet menjadi sumber utama untuk menginformasikan Ramadhan, akan menjadi tempat dan waktu beribadah, resep terakhir dalam daftar di televisi, yang merupakan bagian dari entertainment," lanjutnya lagi.

Fitur lainnya adalah layanan SMS gratis yang memungkinkan para pembaca untuk mengirimkan ucapan selamat berpuasa kepada teman, keluarga secara langsung untuk mendukung aktivitasnya. Para pembaca juga dapat mengirimkan pesan sebanyak tiga kali dalam sehari.

Untuk memudahkan para pengguna mengakses pilihan saat mereka sedang bepergian, sebuah aplikasi  situs Ramadhan versi mobile juga telah diluncurkan dan akan membimbing terkait waktu dan doa, panduan TV dan fitur lainnya.

Situs baru ini juga membuat semacam kuis atau kompetisi yang mendorong pengguna untuk berbagi pengalaman pribadi mereka selama Ramadhan dan bagaimana mereka merayakan bulan Ramadhan dengan men-download tulisan, gambar atau video. Para pemenang akan ditentukan pada suara terbanyak dari para pembaca, dengan hadiah berupa iPad.

Terpopuler