Balik Jakarta, 1.486 Pemudik Motor Diangkut Kapal

Rep: Afriza Hanifa/ Red: Hafidz Muftisany

Kamis 23 Aug 2012 23:45 WIB

Pemudik motor (ilustrasi). Foto: Antara/Puspa Perwitasari Pemudik motor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sebanyak 1.486 pemudik dengan 636 unit sepeda motor kembali ke Jakarta dengan KRI Banda Aceh dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Kamis (25/8). Mereka akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta pada Jumat (26/8) besok.

Komandan KRI Banda Aceh, Letnan Kolonel Laut Suratun, menuturkan, kapal aakan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok sekitar pukul 07.00 WIB Jumat (24/8) besok. Kapal seberat 7 ribu ton tersebut mampu mengangkut 2 ribu penumpang. Terdapat 45 kamar dengan kapasitas 12 hingga 42 orang untuk istirahat terutama bagi wanita dan anak-anak.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan, mudik gratis dengan kapal berjalan baik arus mudik ataupun balik berjalan lancar. Bambanh pun menyambut gembira banyaknya jumlah pemudik yang memanfaatkan fasilitas kapal tersebut.

"Tahun lalu juga sebenarnya diselenggarakan tapi karena sosialisasi kurang peminat kurang. Tahun ini dengan sosialisasi baik jumlahnya juga baik," ujarnya saat melepas keberangkatan pemudik di Pelabuhan Tanjung Mas.

Kedepan, menurut Bambang, pihaknya akan mencari inovasi lain untuk mengurangi beban darat saat mudik. Menganhkut pemudik motor dengan moda lain menjadi hal yang sangat diperhatikan.

"Jadi kita modusnya ada tiga, menggunakan truk untuk mereka yang tetap menggunakan sepeda motor, lalu layanan kereta api serta layanan kapal laut seperti ini. Kita ingin meningkatkan kapasitas. Kita akan mengevaluasi bagaimana memindahkan beban jalan ke laut," ujarnya.