Ribuan Wisatawan Padati TM Ragunan Jakarta

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Karta Raharja Ucu

Senin 20 Aug 2012 15:59 WIB

Kebun Binatang Ragunan. Kebun Binatang Ragunan.

REPUBLIKA.CO.ID, RAGUNAN -- Menghabiskan waktu libur lebaran, Taman Margasatwa (TM) Ragunan, Jakarta Selatan, masih menjadi salah satu tempat tujuan wisata favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Diprediksi, jumlah pengunjung TM Ragunan pada hari kedua lebaran ini akan mencapai lebih dari seratus ribu orang.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, pihak pengelola TM Ragunan telah menyiapkan sebelas tempat parkir yang nantinya dapat menampung hingga empat ribu kendaraan roda empat dan 22.500 unit kendaraan roda dua. "Lebaran kedua ini diprediksi pengunjung akan mencapai seratus ribu orang lebih," ujar Wahyudi BP, Humas TM Ragunan, Jakarta, Senin (21/8).

Pengelola TM Ragunan juga memprediksi jumlah pengunjung pada Hari ketiga, Selasa (21/8), akan terus bertambah dan lonjakan pengunjung diperkirakan akan terus terjadi sampai akhir pekan ini. "Puncak pengunjung kemungkinan pada H+2 dan H+3 lebaran dan pada akhir pekan, pada Sabtu dan Ahad," tegasnya.

Puncak jumlah pengunjung pada H+2 dan H+3 diperkirakan mencapai 168 ribu orang. Jumlah pengunjung sebanyak itu pernah terjadi pada lebaran 2010 dan 2007 lalu. "Kalau tahun lalu, hanya 150 ribu orang pada liburan lebaran kedua dan ketiga," ungkap Wahyudi. 

Sementara itu, guna mengantisipasi kepadatan pengunjung yang akan mengakibatkan kemacetan lalu lintas, Polda Metro Jaya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas agar tidak menimbulkan kemacetan panjang di sekitar Ragunan, Jakarta Selatan. "Dipastikan arus lalu lintas akan macet, untuk mengatasinya, kami lakukan pengalihan arus lalulintas. Untuk Bus Transjakarta hanya akan melayani penumpang hingga Halte SMK 57 dan tidak sampai di Halte Ragunan," tutur AKBP Wahyono, Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/8).

"Juga akan ada penutupan jalur, kendaraan menuju RM Ragunan akan dibelokan ke kiri dan memutar di bawah Flyover Tanjungbarat kemudian melanjutkan lagi perjalanan ke arah Cilandak," ujar Wahyono.

Wahyono mengatakan, antisipasi ini diambil karena belajar dari pengalaman tahun sebelumnya. Pada hari kedua lebaran, biasanya jumlah pengunjung TM Ragunan akan melonjak signifikan. Pihaknya juga akan membatasi kendaraan yang masuk ke area TM Ragunan. Jika sudah tidak memungkinkan, kendaraan pribadi juga tidak diperbolehkan masuk. "Tapi kita lihat dulu area parkir di dalam jika sudah penuh kendaraan pribadi juga tidak diperbolehkan masuk," tegasnya.

Terpopuler