H-1 Lebaran, Terminal Pulogadung Mulai Sepi

Red: Chairul Akhmad

Sabtu 18 Aug 2012 18:59 WIB

Seorang pemudik tengah menunggu bus di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur. Foto: Republika/Prayogi Seorang pemudik tengah menunggu bus di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jumlah pemudik di Terminal Bus Pulogadung, Jakarta Timur, mulai menurun pada H-1 atau 18 Agustus 2012.

"Penumpang berkurang, karena kemungkinan Ahad (19/8) sudah Lebaran. Jadi, penumpang sudah banyak yang pulang," kata Kepala Terminal Bus Pulogadung, Muhammad Nur, Sabtu (18/8).

Sejauh pantauan, hingga H-1 Sabtu (18/8) pagi, tidak terdapat kepadatan penumpang seperti hari-hari sebelumnya. "Situasinya menurun, tidak seperti kemarin yang lumayan padat, hari ini terlihat lebih sepi," tambah Nur.

Bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang merupakan armada utama yang disiapkan juga tampak masih menunggu penumpang di jalur keberangkatan.

Hingga H-1, perjalanan dengan tujuan akhir Jawa Tengah masih menjadi pilihan pemudik yang hendak berhari raya di kampung halaman. Sedangkan untuk tujuan Surabaya dan Madura, meski masih diminati pemudik, jumlahnya sangat minim.

Salah satu pengelola perusahaan otobus (PO), Hengki Hutagalung, menyatakan H-1 penumpang sangat sepi. "Sepi sekali, hingga pagi ini saja bus pertama masih menunggu keberangkatan karena belum juga penuh," katanya.

PO yang melayani perjalanan dengan tujuan Surabaya dan Semarang itu mengatakan jumlah pemudik tujuan Semarang dan sekitarnya masih cukup tinggi, sedangkan untuk tujuan Surabaya sangat sedikit.