Cirebon Destinasi Favorit di Terminal Pulogadung

Rep: Rina Tri Handayani/ Red: Karta Raharja Ucu

Sabtu 18 Aug 2012 16:34 WIB

Terminal Pulogadung, Jakarta Timur Terminal Pulogadung, Jakarta Timur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, sudah melewati puncak arus mudik. H-1 lebaran, Sabtu (18/8), terjadi penurunan pemudik yang menggunakan jasa bus dari Terminal Pulogadung.

Kendati demikian, berdasarkan data angkutan lebaran 2012, jumlah pemudik tahun ini meningkat ketimbang tahun lalu. Pada 2011 sampai H-2 tercatat 32.664 warga yang menggunakan 1.359 armada bus untuk meninggalkan Jakarta. Jumlah pemudik pada lebaran tahun ini meningkat menjadi 38.337 orang yang naik 1.330 armada bus. Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi tujuan favorit para pemudik.

Puncak arus mudik di Terminal Pulogadung terjadi pada H-3 atau Kamis (16/8). Sebanyak 9.499 pemudik tercatat diberangkatkan ke kampung halaman. Namun, kondisi Terminal Pulogadung terpantau kondusif pada H-1 dimana jumlah penumpang mengalami penurunan drastis. Rata-rata pada H-3, Cirebon dan Kuningan menjadi tujuan pemudik yang naik bus dari Terminal Pulogadung.

Meski sudah relatif sepi, tapi petugas kepolisian masih tampak berjaga di beberapa titik Terminal Pulogadung. Misalnya, di area parkir, ruang tunggu, dan posko yang telah disediakan. Selain dari kepolisian, petugas dari Dinas Perhubungan juga tampak mengatur arus lalu lintas baik dari pintu keberangkatan atau kedatangan.

Terpopuler