Antrean Panjang Warnai Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk

Red: Taufik Rachman

Sabtu 18 Aug 2012 15:08 WIB

Suasana di Pelabuhan Gilimanuk saat mudik Foto: Portal Tiga Suasana di Pelabuhan Gilimanuk saat mudik

REPUBLIKA.CO.ID,GILIMANUK--Antrean ratusan mobil pemudik sepanjang dua kilometer menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali, masih mewarnai arus mudik di kawasan itu.

"Tadi pagi antreannya lebih panjang lagi, yakni sepanjang lima kilometer. Siang ini sudah berkurang menjadi dua km," kata Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Pelabuhan Gilimanuk Wahyudi Susianto, saat dihubungi dari Denpasar, Sabtu.

Antrean itu diperkirakan akan terus bertambah pada Sabtu malam, jika kedatangan kendaraan roda empat terus terjadi.

Sedangkan arus mudik pengguna sepeda motor di kawasan tersebut relatif lancar sehingga dengan cepat para pemudik bisa menaiki kapal.

Wahyudi menilai saat ini jumlah pemudik menggunakan sepeda motor sudah relatif berkurang dibandingkan sehari sebelumnya.

Pada H-2 Lebaran, pemudik masih didominasi menggunakan sepeda motor, yang datang berombongan antartiga sampai lima sepeda motor dengan interval waktu yang cukup lama.

"Pemudik tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu pada hari yang sama (H-2). Bukti antrean tidak panjang. Tinggal menunggu beberapa menit udah langsung diarahkan petugas untuk naik ke kapal feri," ucapnya