Inilah Pemicu Kemacetan Jalur Mudik

Red: Endah Hapsari

Sabtu 18 Aug 2012 02:04 WIB

 Sejumlah kendaraan bermotor milik para pemudik terjebak kemacetan. Foto: Republika/Adhi Wicaksono Sejumlah kendaraan bermotor milik para pemudik terjebak kemacetan.

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO---Arus mudik di jalan nasional Wates - Purworejo di wilayah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, didominasi mobil pribadi dan sepada motor.

"Dari H-4 hingga H-2 Lebaran masih didominasi mobil pribadi dan sepeda motor. Pada H-2 jumlah motor mencapai 9.087 unit, dan mobil pribadi sebanyak 5.833 unit," kata petugas Pos Pemantauan Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kulon Progo Rusdi Suwarno.

Ia mengatakan volume kendaraan pada H-3 Lebaran untuk mobil pribadi mencapai 5.763 unit, dan sepeda motor 3.260 unit. Bandingkan dengan armada bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang sebanyak 693 unit. Tak pelak, keberadaan kendaraan pribadi kian membuat macet arus mudik tahun ini.

"Semua masih didominasi sepeda motor dan mobil pribadi. Hal ini mungkin karena kebijakan PT KAI yang menerapkan 100 persen tempat duduk, sehingga pemudik lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan menggunakan bus," kata Rusdi.

Menurut dia, secara umum arus mudik mulai H-7 hingga H-2 Lebaran mengalami kenaikan. Tetapi dibandingkan dengan hasil monitoring pada 2011, arus mudik pada 2012 mengalami penurunan hingga 25 persen.

 

Terpopuler