Akibat Layang-Layang, Jalur Mudik Pamekasan Gelap Gulita

Red: Didi Purwadi

Kamis 16 Aug 2012 04:50 WIB

 Pemudik melintas (ilustrasi). Foto: Antara/Oky Lukmansyah Pemudik melintas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN -- Jalur mudik di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Rabu malam gelap gulita. Ini akibat listrik di wilayah itu mengalami pemadaman.

Jalur mudik yang gelap gulita ini dari arah terminal bus Ceguk, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan menuju arah Kabupaten Sumenep, Madura. Hingga sekitar pukul 22.20 WIB semalam masih gelap.

"Pemadaman terjadi karena aliran listrik di Pamekasan terganggu layang-layang," kata Kepala PLN Pamekasan, Grahito, kepada Antara melalui telepon.

Ia mengatakan pemadaman aliran listrik kali ini hampir di semua akses jalur mudik di Pamekasan. Sebab, pemadangan listrik tidak hanya terjadi di wilayah Kecamatan Tlanakan saja. Tetapi, pemadaman listrik juga dilakukan di Kecamatan Pademawu, Larangan dan sebagian di wilayah Kecamatan Kadur.

Pemadaman listrik akibat terganggu layang-layang ini bukan kali ini saja. Sebelumnya juga sering terjadi selama Ramadhan.

Grahito mengatakan PLN sebenarnya telah menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar tidak bermain layang-layang di sekitar jaringan kabel listrik. Karena, hal itu berpotensi menimbulkan pemadaman.

"Namun, rupanya imbauan kami kurang diperhatikan. Buktinya selama ini masih saja terjadi pemadaman akibat gangguan layang-layang," tutur Grahito.

Terpopuler