12 Ribu Pemudik Lewati Jalur Cirebon

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Karta Raharja Ucu

Rabu 15 Aug 2012 23:32 WIB

Petugas kepolisian membantu pengguna jalan yang akan menyeberang di pasar Gebang, Cirebon, Jawa Barat. Foto: Antara/Puspa Perwitasari Petugas kepolisian membantu pengguna jalan yang akan menyeberang di pasar Gebang, Cirebon, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Jumlah pemudik yang melintasi jalur pantura Cirebon melonjak drastis di H-4 lebaran. Hingga pukul 12.00 WIB, jumlah kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah tercatat 12.166 unit.

Berdasarkan informasi di pos mudik Weru Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon, peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah terutama terjadi pada pukul 07.00-08.00 WIB. Adapun volume kendaraan tersebut mencapai 5.308 unit.

"Sebelumnya, jumlah kendaraan hanya berkisar seribu hingga dua ribu unit,'' ujar petugas pos Weru Dishub Kabupaten Cirebon, Hasanudin, Rabu (15/8).

Hasanudin menjelaskan volume kendaraan itu terus meningkat dan mencapai puncaknya pada pukul 11.00-12.00 WIB. Selama rentang waktu tersebut, volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Jateng sebanyak 12.166 unit.

"Volume kendaraan kemungkinan akan semakin melonjak mulai H-3," tutur Hasanudin.

Berdasarkan pantauan, kendaraan pemudik didominasi oleh sepeda motor. Sedangkan kendaraan besar mulai berkurang seiring dengan berlakunya larangan beroperasi sejak H-4, kecuali truk pengangkut sembako, bahan bakar minyak (BBM), dan ternak. (baca: Sepeda Motor Dominasi Arus Mudik di Jalur Cirebon)

Terpopuler