Akibat Pasar Tumpah, Nagrek hingga Malangbong Macet

Rep: Gita Amanda/ Red: Heri Ruslan

Rabu 15 Aug 2012 17:34 WIB

Jalur Nagrek Jalur Nagrek

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT-- Kemacetan panjang terjadi di beberapa pasar yang dilalui jalur mudik, salah satunya di pasar Malangbong, Garut. Kemacetan disebabkan oleh banyaknya warga yang menyeberang sembarangan, sehingga membuat banyak kendaraan harus melambatkan kecepatannya.

Salah seorang pemudik Arif Supriyono mengatakan, kemacetan panjang terjadi sepanjang dua kilometer mulai dari arah Nagrek hingga pasar Malangbong, Garut. Kemacaten tersebut bukan diakibatkan oleh pasar tumpah yang ada di jalur tersebut. Melainkan karena banyaknya warga yang hilir mudik menyeberang tak teratur di sekitar pasar.

" Banyaknya warga yang nyeberang sembarangan hingga menimbulkan kemacetan sekitar satu jam, untuk melintasi wilayah tersebut," kata Arif pada Republika Online, Selasa (15/8).

Ia menambahkan, sebelumnya dari arah yang sama kemacetan juga terjadi di wilayah Kersamanah, Garut. Penyebabnya pun serupa, yakni banyaknya warga yang melintas di sekitar pasar menimbulkan kemacetan.

Arif menambahkan, ia tengah melakukan perjalanan mudik lebaran ke Jawa Timur melalui jalur Selatan. Ia bersama keluarga berangkat pukul 09.00 WIB, kini sekitar pukul 13.20 WIB ia baru menginjak wilayah Pati, Jawa Tengah.

"Baru kali ini saya mudik lewat jalur Selatan, biasanya lewat Jalur Utara. Dari BBM teman-teman yang lewat jalur Utara sih lebih lancar katanya," ujar Arif.

Terpopuler