Polres Karawang Siapkan Jalur Khusus Pemudik Motor

Red: Taufik Rachman

Selasa 14 Aug 2012 03:57 WIB

Pemudik motor Foto: Antara Pemudik motor

REPUBLIKA.CO.ID,KARAWANG--Polres Karawang menyiapkan jalur khusus bagi pemudik bersepeda motor agar tidak melintasi Simpang Jomin yang terkenal rawan macet.

Jalur khusus pemudik bersepeda motor itu ialah Johar-Lamaran-Lemahabang Wadas-Telagasari-Cikalong dan tembus ke jalur pantura Karawang. Polres Karawang baru akan memberlakukan jalur mudik khusus sepeda motor pada H-5 atau H-4 lebaran.

Jalur pantai utara (pantura) di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sendiri terpantau ramai lancar pada Senin malam atau H-6 Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriah.

"Meski terjadi peningkatan kendaraan yang melintas pada malam ini, arus lalu lintas di jalur pantura wilayah Karawang menuju Subang ramai lancar," kata Wakapolres Karawang Kompol Rudi Purnomo di Karawang, Senin.

Dikatakannya, para petugas sudah ditempatkan di sepanjang jalur mudik wilayah Karawang. Karena itu, jika terjadi kepadatan pada titik-titik tertentu, petugas saling koordinasi.

Hal itu dilakukan untuk melakukan upaya dini dalam mengurai kepadatan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan parah.

Menurut dia, kondisi arus lalu lintas pada malam hari relatif lancar. Berbeda dengan kondisi Senin sore, sempat terjadi kemacetan di beberapa titik menjelang jalur pantura, khususnya di Simpang Jomin.

Arus lalu lintas sejak Senin sore hingga malam didominasi kendaraan pribadi dan bus. Sedangkan pemudik bersepeda motor belum terlalu banyak.

Walaupun terdapat pemudik bersepeda motor yang melintasi jalur pantura pada H-6 lebaran, itu tidak terlalu banyak. Diperkirakan pemudik bersepeda motor baru akan memadati jalur pantura antara H-4 sampai H-2 lebaran.

 

Terpopuler