Besok, Diprediksi Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Makassar

Rep: ahmad islami jamil/ Red: M Irwan Ariefyanto

Sabtu 11 Aug 2012 21:57 WIB

Penum Foto: Antara Penum

REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR – Puncak arus mudik di Pelabuhan Makassar diprediksi terjadi pada Ahad (12/8). Prediksi ini dikemukakan GM PT Pelni Cabang Makassar Kunto Handono, kepada ROL.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik dan balik Lebaran 2012 PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni) Cabang Makassar sudah mempersiapkan 15 armada kapal motor (KM).

Dengan jumlah armada tersebut, akan ada sedikitnya 70 kali pelayaran Pelni di Pelabuhan Makassar dari H-15 hingga H+15. 

Kunto memperikarakan, jumlah pemudik yang naik kapal Pelni di Pelabuhan Makassar pada mudik kali ini mencapai 120 ribu penumpang. Dengan kata lain, jumlah itu mengalami kenaikan sekitar 15 persen dari tahun lalu yang jumlahnya berkisar 105 ribu penumpang. PT Pelni telah menyediakan sebanyak 165 ribu sheets/ untuk berbagai rute dari Makassar.

Tahun ini, menurut Kunto, perusahaannya juga membuat sedikit perbedaan dari mudik tahun-tahun sebelumnya. Yaitu, dengan menambah rute pelayaran, dari Makassar-Balikpapan dan Balikpapan-Makassar selama tanggal 16-18 Agustus. Untuk menjamin keselamatan para penumpang, menurut Kunto, kapal-kapal Pelni yang digunakan mengangkut pemudik telah melewati audit internal dan eksternal secara berkala. Di samping itu, sertifikat kapal-kapal ini juga diperbarui secara setiap tahunnya.

Terpopuler