Polres Karawang Siapkan 77 Tim Pengurai Kemacetan

Red: Taufik Rachman

Jumat 10 Aug 2012 23:31 WIB

Pengamanan mudik Foto: Antara Pengamanan mudik

REPUBLIKA.CO.ID,KARAWANG--Kepolisian Resor Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyiapkan 27 tim pengurai kemacetan yang akan ditempatkan di sejumlah lokasi rawan macet sepanjang jalur mudik wilayah Karawang selama Lebaran 2012.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Karawang AKP Wadi Sa'bani mengatakan, tim pengurai kemacetan itu hanya akan ditempatkan di sejumlah tempat jalur utama mudik wilayah Karawang yang rawan macet, hingga ke jalur Pantura wilayah Karawang.

"Tim pengurai kemacetan itu akan ditempatkan dari Pertigaan Mutiara, Simpang Jomin, hingga di jalur Pantura Karawang," katanya, di Karawang, Jumat.

Dikatakannya, titik kemacetan pada jalur mudik wilayah Karawang itu tersebar di sejumlah lokasi sepanjang jalur utama Karawang.

Umumnya, kemacetan disebabkan adanya pasar tumpah, tempat putaran balik, pertemuan arus kendaraan roda dua dan roda empat, "bottle neck" seperti kondisi di Simpang Jomin, dan lain-lain.

Dengan adanya tim pengurai kemacetan yang akan menggunakan roda dua itu, kata dia, kemacetan di jalur mudik wilayah Karawang bisa diatasi. Sehingga kemacetan di wilayahnya tidak berlangsung lama.

Sementara itu, Kapolres Karawang AKBP Arman Achdiat, dalam beberapa kesempatan menyebutkan jika terjadi kemacetan pada puncak arus mudik lebaran nanti, pihaknya akan "membuang" kendaraan besar jenis bus menuju jalur Pantura untuk keluar gerbang Tol Kalihurip, tidak keluar dari keluar gerbang Tol Cikampek.

Dengan dikeluarkannya kendaraan besar ke gerbang Tol Kalihurip, maka diperkirakan akan bisa mengurangi kemacetan yang terjadi di Simpang Jomin.

Sebab jarak dari gerbang Tol Kalihurip ke Simpang Jomin lebih jauh dibandingkan dari gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta.

Terpopuler