Masjid Disiapkan Jadi Pos Kesehatan Bagi Pemudik

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Hazliansyah

Kamis 09 Aug 2012 13:42 WIB

Ketua Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla Foto: Republika/Agung Ketua Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla, di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Kamis (9/8).

Dalam pertemuan itu Kemenkes melakukan kerjasama dengan DMI terkait dengan persiapan masjid-masjid di jalur mudik untuk digunakan sebagai pos kesehatan.

"Jadi kita ingin masjid juga menjadi pusat kesehatan bagi para pemudik," kata Jusuf Kalla yang ditemui usai pertemuan di Kantor Kemenkes, Jakarta, Kamis (9/8).

Jusuf Kalla menambahkan, kerjasama antara DMI dengan Kemenkes dalam bentuk membuat pos-pos kesehatan di masjid-masjid cukup besar di jalur-jalur mudik. Nantinya pos kesehatan tersebut akan dilanjutkan sebagai alternatif pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).

"Juga menjadi pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), hal ini untuk memperkuat kerjasama dengan Kemenkes," tegas mantan Wakil Presiden RI ini.

Kementerian Kesehatan telah menyiapkan sebanyak 1.468 pos kesehatan yang berada di jalur-jalur mudik. Kemenkes juga menurunkan tenaga kesehatan dan medis sebanyak 65 ribu orang yang akan siap selama 24 jam di pos-pos kesehatan tersebut.

Terpopuler