Antisipasi Lonjakan Penumpang, Dishub Sumsel Siapkan 18 Unit Mobil Damri

Red: Hazliansyah

Kamis 09 Aug 2012 09:59 WIB

Bis Damri Bis Damri

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Mengantisipasi lonjakan penumpang mudik lebaran, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sumatera Selatan menyiapkan cadangan mobil Damri.

"Ada 18 mobil Damri yang disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus mudik nanti," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sumsel Sarimuda kepada wartawan di Palembang, Kamis.

Mobil tersebut semuanya siap pakai dan bila dibutuhkan kendaraan tersebut dapat dioperasionalkan. Namun, ujar dia, untuk kendaraan yang telah disiapkan sekarang ini, di luar Damri diperkirakan mencukupi untuk penumpang mudik lebaran. Hal itu didasarkan pada pengalaman lebaran sebelumnya.

"Semua moda transportasi sudah disiapkan baik darat, laut dan udara dan diperkiarakan semuanya mencukupi untuk melayani masyarakat mudik lebaran ini," kata dia tanpa menyebutkan jumlah kendaraan.

Ketika ditanya perkiraan lonjakan arus mudik lebaran, Sarimuda memperkirakan terjadi pada tiga hari sebelum Idul Fitri 1433 H. "Itu berdasarkan pengalaman lebaran sebelumnya, namun itu tetap dapat diantisipasi," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan mobil derek yang ditempatkan di lokasi rawan kecelakaan. Selain itu, melaksanakan tes urine bagi pengemudi supaya sopir tersebut terhindar dari Narkoba dan minuman keras.

"Kesemuanya itu dilakukan supaya arus mudik berjalan lancar dan nyaman serta penumpang selamat sampai ketujuan," tambah dia.

Terpopuler