Dahlan Minta ASDP-Polri Kawal Pemudik Motor

Red: Djibril Muhammad

Jumat 03 Aug 2012 19:48 WIB

Dahlan Iskan Foto: Antara/Noveradika Dahlan Iskan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan menginstruksikan PT ASDP Indonesia bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Lampung untuk mengawal ribuan sepeda motor yang menyeberang melewati Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni.

"Selama ini, mereka (ribuan sepeda motor) kalau mau menyeberang itu menunggu siang. Jadi, sekarang mereka diajak konvoi oleh ASDP dan Polda Lampung," kata Dahlan saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (3/8).

Dahlan mengungkapkan Polda Lampung telah menjamin para pemudik sepeda motor selamat sampai tujuan. Dahlan menambahkan ASDP perlu mewaspadai para pemudik yang kecenderungan mudik pada malam hari melalui Pelabuhan Merak.

"Karena malam mudik, jadi seperti bah. Siangnya sepi. Bahkan, sepeda motor di Bakauheni sampai jam dua pagi tidak mau jalan. Mereka menunggi pagi," paparnya.

Ia mengatakan bahwa ASDP juga telah berkoordinasi dengan pihak swasta untuk memanfaatkan kapal secara bersama-sama. Dahlan mengharapkan 33 kapal yang dimiliki oleh ASDP dapat dioperasikan dengan maksimal. "Intinya, swasta di bawah koordinasi ASDP. Kita minta khusus untuk Lebaran jangan sampai kapal tidak beroperasi," ungkapnya.

Sementara itu, ASDP Cabang Ferry Merak mengerahkan sebanyak 28 kapal 'roll on roll of' atau 'roro' untuk mengatasi antrean truk selama beberapa hari mengular di Jalan Tol Merak-Tangerang.

Terpopuler