Angkut Penumpang Non-KA, Organda Siapkan 2 Ribu Lebih Bus

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Rabu 01 Aug 2012 23:41 WIB

Bus Pariwisata (Ilustrasi) Foto: persewaanbuspariwisata.blogspot.com Bus Pariwisata (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 2.270 bus disiagakan untuk mengangkut kelebihan penumpang yang tak terangkut kereta api menyusul pemberlakuan jumlah penumpang sama dengan jumlah tempat duduk pada 2012.

"Karena kebijakan pihak kereta api agar penumpang kereta semuanya mendapat tempat duduk maka akan ada calon penumpang yang tidak terangkut sehingga kami siagakan bus cadangan untuk mereka," kata Sekretaris Jenderal Organisasi Angkatan Darat (Organda), Andriansyah, di Jakarta, Rabu (1/8).

Ia menyebutkan ke-2.270 bus itu merupakan bus pariwisata cadangan sebagai bagian dari total bus yang mencapai sekitar 37 ribu bus yang disiagakan Organda pada lebaran 2012. Jumlah itu meliputi 21.014 bus antarkota antar provinsi (AKAP) serta 13.676 bus antar kota dalam provinsi (AKDP).

Andriansyah menjamin ketersediaan armada sehingga diharapkan tidak ada penumpang terlantar pada arus mudik nanti. Dia mengatakan Organda akan memulai persiapan untuk antisipasi kebutuhan pada H-10 namun untuk kesiapan seluruh kendaraan pada H-7.

Terkait kelancaran arus mudik, Andriansyah mengatakan perlunya koordinasi pemerintah dalam perbaikan infrastruktur jalan dengan merapihkan perbaikan jalan yang diprediksi tidak akan selesai hingga H-7.

Terpopuler