Ahad, Puncak Arus Balik di Terminal Leuwipanjang

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Didi Purwadi

Ahad 04 Sep 2011 11:01 WIB

Terminal Leuwi Panjang Foto: www.bandung.jacktour.com Terminal Leuwi Panjang

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG - Puncak arus balik Lebaran melalui Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, tahun ini terjadi pada Ahad (4/9). Jumlah pemudik yang pergi dari stasiun ini diperkirakan mencapai 30 ribu penumpang dengan didominasi oleh pemudik tujuan Jakarta dan Merak.

"Jumlah penumpang yang akan diberangkatkan menuju Jakarta dan Merak sekitsr 30 ribu orang dengan menggunakan 650-750 bus," ujar staf Kepala Terminal Leuwipanjang, Asep Hidayat, kepada wartawan.

Menurut Asep, pada Sabtu (3/9) Leuwipanjang telah memberangkatkan 27 ribu penumpang ke arah barat dengan menggunakan 700 bus. Sedangkan pada Jumat (2/9), penumpang yang diberangkatkan mencapai 23.225 orang dan Kamis (1/9) sebanyak 20.665 penumpang.

"Arus balik dari Terminal Leuwipanjang bukan dari luar kota masuk ke Bandung, tetapi dari Bandung ke luar kota," paparnya

Senada dengan Asep, Kepala Terminal Cicaheum, Jujun Juanda, mengatakan arus balik melalui terminal Cicaheum akan mencapai puncaknya pada Ahad (4/9). "Jumlah penumpang saat puncak arus balik Ahad (4/9) sekitar 13.700 penumpang,'' kata Jujun.

Menurut Jujun, jumlah arus balik yang datang ke Terminal Cicaheum lebih banyak daripada arus mudik. Saat arus mudik, jumlah penumpang di Terminal Cicaheum hanya 10.100.

"Arus balik lebih tinggi karena banyak pemudik yang pergi bareng dengan perusahaanya. Tapi, mereka pulangnya sendiri," tutur Jujun.

Selain itu, tingginya penumpang arus balik karena Bandung sering dijadikan sebagai daerah transit sebelum melakukan perjalanan ke kawasan Barat. Pasalnya, sambung Jujun, Kota Bandung merupakan kawasan wisata yang banyak dipilih masyarakat sebelum sampai ditempat tujuannya.

"Puncak arus balik, sebenarnya mulai terlihat Sabtu (3/9)," imbuh Jujun.

Jumlah penumpang pada Jumat (2/9) hanya 5.900 penumpang. Namun, Sabtu jumlah penumpang lebih besar dari angka itu mencapai sekitar 9 ribu penumpang.