Puncak Arus Balik Pelabuhan Merak Lancar

Rep: Agung Sasongko/ Red: Didi Purwadi

Ahad 04 Sep 2011 05:23 WIB

Seorang anak kelelahan bersama dengan ribuan pemudik bermotor lainnya saat antre untuk masuk ke Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (28/8). Foto: Republika/Agung Supriyanto Seorang anak kelelahan bersama dengan ribuan pemudik bermotor lainnya saat antre untuk masuk ke Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (28/8).

REPUBLIKA.CO.ID,MERAK - Kepadatan para pemudik asal Sumatera di pelabuhan Merak, Banten, Ahad (4/9) dini hari atau H+3 tak berbeda jauh dengan kepadatan kedatangan pemudik Sabtu sore. Tidak terjadi antrian keluar baik kendaraan ataupun penumpang.

Dari pantauan Republika.co.id, Ahad (4/9) dini hari, dari dermaga 4 misalnya, meski terlihat padat ratusan pemudik dapat berjalan dengan tertib tanpa berdesak-desakan dengan penumpang lainnya. Mereka tak butuh waktu lama untuk meninggalkan kapal.

Selepas menuruni kapal, mereka bergegas menuju terminal bis yang berjarak 500 meter dari pelabuhan. Mereka berjalan kaki dengan membawa barang bawaan masing-masing.

Sementara, volume kendaraan cukup padat. Sebagian besar kendaraan didominasi kendaraan pribadi dan sepeda motor. Hanya terlihat satu-dua bis reguler yang keluar dari kapal.

Saat keluar dermaga, tidak terlihat antrian kendaraan. Para pengendara, terutama kendaraan pribadi dan bis, leluasa ketika keluar. Demikian pula dengan sepeda motor. Para pengendara langsung tancap gas setelah keluar dari dermaga.

Seperti diberitakan sebelumnya, puncak arus balik Pelabuhan Merak, Banten, diperkirakan Sabtu malam dan berlanjut hingga Ahad (4/9). Kepadatan kedatangan di Pelabuhan Merak, Banten, akan terjadi lantaran cuti bersama akan berakhir Ahad ini. Namun, pantauan akhir memperlihatkan kedatangan pemudik tergolong lancar.

Terpopuler