Arus Balik Mulai Tampak

Rep: C06/ Red: Didi Purwadi

Kamis 01 Sep 2011 14:51 WIB

Mudik Lebaran (ilustrasi) Foto: www.infopromosi.com Mudik Lebaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG - Arus balik Lebaran mulai terasa di Semarang. Pada H+1 ini, telah tampak mobil dan motor berplat luar kota yang meninggalkan ibu kota Jawa Tengah ini.

"Tadi sudah tampak kendaraan yang balik ke arah barat," ujar Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Agus Sasmito, Kamis (1/9). Ia menyampaikan saat memantau kondisi lalu lintas di Kabupaten Kendal, Jateng.

Meski mulai terasa, namun Agus mengatakan bahwa arus balik yang sebenarnya belum terjadi. Ia memprediksi arus balik akan mencapai puncak pada Sabtu dan Ahad (3 dan 4 September). Itu karena pada Senin (5/9) mendatang para pegawai baik negeri dan swasta telah mulai masuk kerja. Sehingga, saat itu pemudik akan berbondong-bondong balik ke Jakarta.

Untuk mengantisipasi arus balik ini, Agus mengaku tidak memiliki rencana khusus. "Kami menyiapkan armada bus untuk mengantarkan pemudik pulang ke kota asal," katanya.

Pihaknya menyiapkan 3600 bus untuk arus balik. Dishub memfokuskan mengalokasikan bus untuk mengantar pemudik yang akan pulang ke Jakarta.

Sejak tanggal 23 hingga 31 Agustus, ratusan ribu pemudik mendatangi provinsi Jateng. Mereka datang baik menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.

Terpopuler