Kemacetan di Simpang Jomin Masih Mengancam Pemudik

Rep: Muhammad Fakhruddin/ Red: cr01

Ahad 21 Aug 2011 12:55 WIB

Simpang Jomin, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Foto: http://vmg2.wordpress.com Simpang Jomin, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK – Pertigaan Simpang Jomin, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat diperkirakan masih menjadi titik kemacetan utama pada arus mudik lebaran nanti.

Para pemudik yang menuju jalur Pantura diingatkan tidak melalui Simpang Jomin mulai H-3 Lebaran.

Pantauan Tim Mudik Republika, jalur dari Bandung-Jakarta yang melintasi Simpang Jomin menuju Pantura hingga Sabtu (20/8) petang masih normal. Arah sebaliknya juga normal. Belum ada lonjakan kendaraan arus mudik. Arus lalu lintas didominasi truk dan kontainer.

Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dan roda dua juga belum terlalu banyak. Kemacetan parah di Simpang Jomin diprediksi mulai terjadi pada H-3 lebaran. "Untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, akan diberlakukan pengalihan arus kendaraan, khususnya bagi para pemudik yang keluar dari pintu gerbang Tol Cikampek," kata Komandan Pos Simpang Jomin, Aiptu Wintono.

Para pemudik yang keluar dari gerbang Tol Cikampek akan diarahkan langsung menuju jalur Sadang-Kalijati-Pantura. Sedangkan pemudik yang menggunakan sepeda motor, akan diberlakukan jalur sepeda motor saat melintasi Karawang.

Para pemudik sepeda motor itu nantinya akan dialihkan melalui jalur alternatif, yakni perempatan Johar Karawang, Telagasari, Jatisari dan keluar di jalur Pantura. "Waktu pengalihan arusnya tergantung situasi," kata Wintono.