Warga Tangsel Diimbau Tak Gunakan Sepeda Motor untuk Mudik

Rep: c17/ Red: Siwi Tri Puji B

Kamis 18 Aug 2011 15:01 WIB

Pemudik motor Foto: ant Pemudik motor

REPUBLIKA.CO.ID, PAMULANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) menghimbau pemudik untuk tidak memakai motor ketika mudik. Hal ini dimaksud untuk mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas. "Kecelakaan lalu lintas masih didominasi oleh pengendara sepeda motor," kata Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Metro Pamulang, Kompol Zulkifli Muridu, Kamis (18/8).

Menurut Zulkifli, kecelakaan dipicu oleh pengendara yang tidak disipilin. Mulai dari tidak mematuhi rambu lalu lintas hingga berkendaraa tanpa mementingkan keselamatan. "Padahal aturannya sudah ada, dan peraturan itu dibuat demi ketertiban," kata dia.

Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, mengatakan, pemudik harus mementingkan keselamatan ketika akan mudik. "Masyarakat harus selalu hati-hati ketika melakukan mudik, kalau bisa jangan menggunakan motor pada saat mudik," kata Benyamin belum lama ini.

Selain itu, Benyamin juga meminta warga untuk menggunakan kendaraan umum, seperti bus atau kereta. "Ini untuk menjaga keselamatan," imbuh Benyamin.

Sepeda motor, kata Benyamin, tidak didesain untuk muatan lebih dari dua orang. Kendaraan tersebut juga tidak baik digunakan untuk jarak jauh. Sebab, pengemudi akan cepat merasa lelah sehingga mudah hilang konsentrasi.