Pengalaman Puasa Rida 'RSD'

Rep: Lingga Permesti/ Red: Hafidz Muftisany

Selasa 24 Jul 2012 15:25 WIB

Rida 'RSD' Farida Foto: Republika/Pandega Citra Rida 'RSD' Farida

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pengalaman adalah guru yang berharga bagi setiap orang. Begitupula yang dirasakan Rida Farida atau yang lebih akrab disapa Rida RSD. Wanita yang berjilbab pada awal 2006 ini teringat pengalaman puasa pertama kali ketika menjadi seorang ibu.

"Seru dan paling terkenang adalah ketika pertama kali merasakan jadi ibu rumah tangga, harus menyiapkan semua kebutuhan saat Ramadhan," jelasnya saat dihubungi Republika, Selasa (24/7).

Terlebih, ibu dari Rifki Eldrida Muhamad Jackie ini harus mensiasati kegemaran anaknya makan mie instan.? Sang anak sangat susah sekali menu makannya. Kalau tidak sesuai yang diinginkan, maka makanan yang dipilih adalah mie. Padahal, selama bulan puasa tidak baik untuk selalu mengkonsumsi mie.

Maka, Rida yang lahir di Bandung pada 9 Oktober 1971 ini menego makanan yang akan dihidangkan kepada sang anak. "Dia boleh memilih menu kesukaannya yang belum tentu menurut aku sehat, tetapi timbal baliknya, dia harus makan sayur atau jus," kata Rida yang kini juga berjualan makanan ringan Kurutuks ini.

Makanan saat Ramadhan dan hari biasanya yang biasa dihidangkan adalah sup, ayam dan gepuk. Sang suami, tidak pernah complain mengenai makanan yang dihidangkannya. "Suami sih apa saja," kata Rida.

Sebenarnya, yang paling ditunggu saat Ramadhan adalah kebersamaan dengan keluarga, proses memilih menu makanan sahur dan juga berbuka. "Sangat menyenangkan hal-hal yang seperti itu,"ujarnya.

Sementara itu, selama bulan Ramadhan, Rida disibukkan dengan kegiatan-kegiatan keagamaan. Rida disibukkan rekaman nasyid bersama Ustaz Erick Yusuf dan juga mensosialisasikan musik dengan cara syiar lewat lagu religi. Rida juga mulai berbisnis makanan camilan dengan label Kurutuks. Dirinya tidak takut setelah hijrah menjadi wanita berjilbab rezekinya akan berkurang.

"Berjlbab jangan pikir dua kali karena kadang-kadang hidayah datang dari mana saja," ungkapnya. Dirinya saat awal-awal berjilbab banyak ditolak menyanyi. Bahkan, sempat ditawari untuk melepas jilbab dan memakai wig. "Jangan takut untuk berjilbab, jika satu pintu ditutup pintu-pintu rezeki lainnya dari Allah akan terbuka," jelasnya.

Apalagi kini, Ramadhan tiba, banyak sekali hikmah yang didapatnya setelah berjilbab. "Banyak banget yang aku dapat. Lebih tenang, sabar, dan masih banyak juga yang bisa aku kerjakan," kata Rida.

Terpopuler