Tahun Ini Sultan Hamengku Buwono X tidak Gelar Open House Saat Lebaran

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Ani Nursalikah

 Selasa 19 Apr 2022 16:34 WIB

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Tahun Ini Sultan Hamengku Buwono X tidak Gelar Open House Saat Lebaran Foto: Wihdan Hidayat/Republika Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Tahun Ini Sultan Hamengku Buwono X tidak Gelar Open House Saat Lebaran

Pemerintah pusat melarang pejabat dan pegawai pemerintah menggelar open house.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menyebut tidak akan menggelar open house di masa Lebaran 2022. Untuk itu, pejabat dan pegawai pemerintah maupun organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemda DIY juga diharapkan untuk tidak menggelar open house.

"Otomatis (OPD) tidak melakukan (open house), tapi kalau silaturahim silakan saja," kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (19/4/2022). 

Baca Juga

Pemerintah pusat juga sudah melarang pejabat dan pegawai pemerintah menggelar open house di masa pandemi Covid-19. "Misalnya hari raya terus seperti dulu, terus antre satu-satu, tidak," ujar Sultan. 

Meskipun begitu, Sultan tidak melarang jika pejabat dan pegawai pemerintahan ingin melakukan silaturahim asalkan dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. "Pengertian open house itu (kalau) silaturahim biarkan saja," jelasnya. 

Sultan meminta agar silaturahim yang digelar tidak menyebabkan antrean. Ia juga meminta bagi pejabat dan pegawai pemerintah yang melakukan silaturahim tidak diiringi dengan berbagai macam acara yang dapat menimbulkan kerumunan. 

"Tetap jaga jarak kalau itu silaturahim, tapi kalau menyelenggarakan silakan, tapi tidak pakai macam-macam acara," kata Sultan. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X