Kemenag Gelar Sidang Itsbat Awal Syawal pada 1 Mei 2022

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

Selasa 19 Apr 2022 13:00 WIB

Gedung Kemenag Foto: dok. Republika Gedung Kemenag

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat (penetapan) 1 Syawal 1443 H pada Ahad (1/5) malam. Sidang akan berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama (Kemenag), sidang akan didahului dengan seminar pemaparan posisi hilal yang disampaikan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag), Kamaruddin Amin, mengatakan, sidang itsbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal. Secara hisab, semua sistem sepakat bahwa ijtima menjelang Syawal jatuh pada 1 Mei 2022 atau bertepatan dengan 29 Ramadhan 1443 H.

Baca Juga

"Pada hari rukyat, 29 Ramadan 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk dan di atas kriteria baru Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura (MABIMS) yaitu di atas 3 derajat," kata Kamaruddin melalui pesan tertulis yang diterima Republika, Selasa (19/4).

Ia menjelaskan, awal Syawal 1443 H menunggu hasil rukyatul hilal. Kemenag akan menggelar rukyatul hilal pada 99 titik di seluruh Indonesia. Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag dan Kemenag Kabupaten/ Kota, bekerja sama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain.

"Hasil rukyatul hilal yang dilakukan ini selanjutnya akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan sidang isbat awal Syawal 1443 H," katanya.