Belum Terlambat Jadikan Ramadhan Ini yang Terbaik, Lakukan Langkah Ini

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 16 Apr 2022 06:30 WIB

Ilustrasi Ramadhan. Belum Terlambat Jadikan Ramadhan Ini yang Terbaik, Lakukan Langkah Ini Foto: dok. Republika Ilustrasi Ramadhan. Belum Terlambat Jadikan Ramadhan Ini yang Terbaik, Lakukan Langkah Ini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai Muslim muda, kita berada dalam posisi yang unik karena kita berada di tengah konflik sengit antara nafsu kita dan kebiasaan baik yang kita coba bangun. Belum terlambat untuk membuat Ramadhan tahun ini sebagai Ramadhan terbaik Anda. Simak tips berikut, dilansir di About Islam.

Langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai Ramadhan terbaik

1. Tetapkan Niat

Baca Juga

Dalam mengharapkan pahala, seseorang harus berniat melakukan perbuatan yang mendatangkan keridhaan Allah. Niatkanlah dan katakan pada diri sendiri bahwa Anda sedang berpuasa, berdoa, meminta yang Anda inginkan, dengan membaca Alquran, membantu sesama untuk berbuka puasa agar mendapat ridha dari Allah SWT. Bahkan tindakan yang kecil sedikit pun seperti mencuci piring dan membersihkan rumah bisa dihitung sebagai ibadah dan amalan baik dengan niat yang baik tentunya.

2. Sahur

Banyak keluarga melaksanakan sahur sebagai tradisi, namun Sebagian lainnya tidak. Mulailah atur alarm Anda dan makan sesuatu saat sahur. Rasullullah (SAW) bersabda: “Ambil sahur karena ada berkah di dalamnya.” (Sahih Al-Bukhari 1923)

Jika Anda kesulitan dalam bangun dari tempat tidur saat waktu sahur, letakkanlah botol air disamping Anda dan pasang alarm.

3. Tukarkan musik dengan Alquran atau podcast

Banyak dari kita berusaha berhenti mendengarkan musik agar tidak menjadi kecanduan. Kecanduan membebani hati dan Ramadhan dimaksudkan untuk membasuh hati kita dari hal tersebut. Jadi tukar musik untuk apa yang bermanfaat bagi Anda. Carilah podcast atau siaran mengenai Ramadhan atau ceramah.

4. Terapkan sikap murah hati

Nabi (SAW) digambarkan lebih dermawan daripada angin kencang selama Ramadhan. Keyakinan utama dalam iman kita adalah ketika kita memberi dan Allah mengembalikan lebih banyak kepada kita. Maka tentu saja ketika Anda melakukannya dengan niat, Dia dapat memberi Anda lebih baik. Ketahuilah sumbangan yang baik tidak akan pernah hilang. Mulailah menyumbangkan dana di masjid dan dimana pun itu.