Momen Penting Sejarah Islam Terjadi Saat Ramadhan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko

Sabtu 16 Apr 2022 03:00 WIB

Bulan Ramadhan (ilustrasi) Foto: Dok Republika Bulan Ramadhan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  ABU DHABI -- Bagi umat Islam di seluruh dunia, Ramadhan bukan hanya bulan yang diberkahi tetapi juga merupakan periode penting dalam sejarah Islam. Tak terhitung sejumlah peristiwa sejarah terjadi di bulan Ramadhan.

Dalam catatan sejarah, ada beberapa peristiwa penting yang terjadi selama bulan suci yang berdampak pada kemajuan Islam. Dari peristiwa-peristiwa ini, yang paling penting bagi umat Islam adalah turunnya wahyu Alquran, pedoman utama umat manusia, kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga

Peristiwa lainnya yang terjadi selama Ramadhan adalah perang Badar, yang menjadi momen penting sejarah Islam dan Muslim. Pertempuran yang menentukan ini meletakkan dasar negara Islam dan membuat umat Islam menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan di Jazirah Arab.

Peristiwa besar lainnya yang terjadi selama Ramadhan di tahun kedelapan Hijrah adalah penaklukan tak berdarah atas kota suci Makkah, yang menjadi momen besar sejarah Islam. Perjanjian Hudaybiya menandai penaklukan dan sejumlah besar orang memeluk Islam setelahnya.

Dilansir di Khaleej Times, Jumat (15/4/2022), di antara banyak peristiwa yang terjadi setelah 8 Hijriah adalah Pertempuran Tabuk. Selama Ramadhan tahun 10 Hijriah, Nabi Muhammad SAW mengutus Khalifah Ali bin Abi Thalib sebagai panglima tentara ke Yaman, yang setelahnya Suku Yaman Hamadan memeluk Islam dan bergabung dengan tentara Muslim.

Tak hanya itu, di bulan Ramadhan Sayyida Khadijah binti Khuwaylid, istri pertama Nabi SAW dan orang pertama yang menerima Islam, meninggal. Tahun ke-37 Hijriah juga menandai wafatnya Abdullah bin Umar bin Al Khattab putra khalifah kedua Umar bin Al Khattab, sedangkan pada tahun ke-43 Hijriah, Amr Ibn Al As wafat.

Aisha ra, salah satu istri Nabi Muhammad (SAW), meninggal pada bulan Ramadhan tahun ke-58 Hijriah. Khalifah Ali bin Abi Thalib wafat pada tahun 40 Hijriah di Kufah.

Bangsa Mongol dikalahkan untuk kedua kalinya dalam Pertempuran Shaqab yang juga terjadi pada bulan Ramadhan 1187 M, sementara Salahudeen Ayyubi (Saladin) mengalahkan Tentara Salib di Pertempuran Hattin.  

Terpopuler