Langkah Kecil dalam Momentum Ramadhan: Berbagi dengan Sesama

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko

 Jumat 15 Apr 2022 04:34 WIB

berinfak melalui kotak amal di masjid. ilustrasi Foto: Republika berinfak melalui kotak amal di masjid. ilustrasi

Berbagi merupakan cara bagi setiap Muslim untuk mensyukuri nikmat.

REPUBLIKA.CO.ID, MUSKAT -- Bulan suci Ramadhan, selain soal puasa tentunya, juga tentang perbaikan dan mengendalikan diri serta berderma dengan sepenuh hati dan tulus kepada mereka yang membutuhkan. Ini cara bagi setiap Muslim untuk mensyukuri nikmati kehidupan.

Dibutuhkan langkah kecil untuk meningkatkan aktivitas berderma di bulan suci Ramadhan ini. Mungkin agak sukar untuk bisa berharap menjadi dermawan dalam semalam hanya di Bulan Suci Ramadhan. Untuk itu, seperti dilansir Times of Oman, Kamis (14/4/2022), diperlukan kekuatan untuk membuat perbedaan kecil yang dapat menghasilkan kebaikan yang lebih besar.

Baca Juga

Di antaranya dengan membagikan makanan berbuka puasa kepada siapa pun yang dirasa paling membutuhkan. Untuk melakukannya, bisa dengan memasak makanan sendiri atau membelinya dari luar dan mengemasnya dengan baik untuk menjadikannya sebagai makanan berbuka puasa yang layak bagi mereka yang membutuhkannya.

Jika mengenal salah satu keluarga kurang mampu, maka seorang Muslim yang diberi harta berlebih, sudah seharusnya berderma kepada mereka. Atau juga bisa dengan berkendara ke kampung-kampung dan pedesaan untuk membagikan makanan dari rumah ke rumah.

Langkah kecil lainnya yang dapat dilakukan, ialah bepergian bersama teman dan keluarga kemudian tanam setidaknya satu pohon setiap pekan atau bersihkan lingkungan sekitar. Jauhkan ponsel dan laptop serta setiap gadget lainnya untuk memperkuat hubungan interpersonal diri.

Selain itu juga luangkan waktu untuk mengunjungi kerabat dan habiskan lebih banyak waktu berkualitas bersama keluarga dan teman. Pelajari tentang masa lalu mereka untuk dapat mengambil hikmah atau pelajaran darinya.

Ramadhan semakin menjadi spesial dengan dilengkapi kurma, yang kaya akan vitamin K. Kurma sangat membantu agar sel-sel tubuh menyimpan cairan karena kurma merupakan sumber alami glukosa. Maka tak ada salahnya memasukkan kurma ke dalam daftar menu makanan harian, mengingat begitu kayanya nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X