Ramaikan Masjid Tapi Jangan Lupa Prokes

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

 Selasa 12 Apr 2022 16:00 WIB

Jamaah mengikuti Semaan Alquran di Masjid Agung Magelang, Jawa Tengah, Selasa (12/4/2022). Tradisi Semaan Alquran di Masjid Agung Magelang ini sudah berlangsung sejak 1950an. Semaan Alquran dibuat seperti tadarus bersama. Satu orang terpilih akan membacakan ayat-ayat suci Al-Quran disebut hafizh. Sedangkan, jemaah lainnya menyimak bacaan dari hafizh tersebut. Semaan ini membaca Al-Quran sebanyak tiga juz setelah zuhur sampai menjelang Ashar. Mulai dari awal Ramadan sampai 23 Ramadan. Uniknya, mayoritas jamaah yang ikut Semaan ini sudah lansia. Foto:

Masyakarat diminta ramaikan kembali masjid tetapi jangan lupa prokes.

1

Di antara pelonggaran kebijakan tersebut adalah penghapusan karantina dan penghapusan syarat tes Covid-19. Bahkan, beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi juga sudah mengeluarkan pernyataan bahwa masyarakat sudah dibolehkan pulang kampung (mudik) pada liburan lebaran tahun ini.

Namun, di sisi lain, pemerintah melalui Satgas Covid-19 tetap mendorong protokol kesehatan dijalankan saat bulan Ramadhan. Dengan begitu aktivitas selama bulan puasa tetap aman dan terhindar dari penularan. Untuk itu, Kementerian Agama (Kemenag) telah menerbitkan edaran pedoman penyelenggaraan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H Dalam Situasi Pandemi Covid-19. 

 

 

Berita Lainnya