IDI Lampung: Jangan Pakai Masker Kain Saat Mudik

Red: Reiny Dwinanda

Senin 11 Apr 2022 15:44 WIB

Masker (ilustrasi). Masyarakat diminta untuk tidak menggunakan masker kain agar tidak mudah terpapar Covid-19 saat mudik. Foto: www.freepik.com Masker (ilustrasi). Masyarakat diminta untuk tidak menggunakan masker kain agar tidak mudah terpapar Covid-19 saat mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Lampung mengingatkan masyarakat untuk tidak memakai masker kain saat melakukan perjalanan mudik Lebaran 1443 Hijriah. Sebab, Covid-19 masih belum hilang.

"Sebaiknya pakai masker KN95 atau minimal masker bedah dua lapis, saat mudik," ujar Wakil Ketua IDI Lampung Boy Zaghlul di Bandarlampung, Senin (11/4/2022).

Baca Juga

Boy mengatakan bahwa saat mudik pergerakan orang pasti akan ramai, terutama di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan. Masyarakat pun diminta untuk tidak menggunakan masker kain agar tidak mudah terpapar Covid-19.

Boy menyerukan agar petugas yang berjaga di terminal, pelabuhan, dan tempat lainnya dapat terus melakukan sosialisasi pemakaian masker. Edukasi pada masyarakat yang ingin mudik soal pentingnya memakai masker yang tepat dan benar juga penting.

"Harusnya memang begitu dari terminal dan pelabuhan diberikan imbauan, tidak hanya menerapkan protokol kesehatan, tapi diperhatikan maskernya juga," ujarnya.