Tujuh Kemeriahan Ramadhan UEA

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko

Senin 11 Apr 2022 03:30 WIB

Suasana Kota Dubai terlihat dari gedung Burj Khalifa, Kota Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (14/3/2022). Gedung pencakar langit setinggi 828 meter dengan kaca dan baja berkilau tersebut menjadi salah satu tujuan wisata di Dubai, Uni Emirates Arab. Foto: ANTARA/M Agung Rajasa Suasana Kota Dubai terlihat dari gedung Burj Khalifa, Kota Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (14/3/2022). Gedung pencakar langit setinggi 828 meter dengan kaca dan baja berkilau tersebut menjadi salah satu tujuan wisata di Dubai, Uni Emirates Arab.

REPUBLIKA.CO.ID,  ABU DHABI -- Terdapat sejumlah kemeriahan yang berlangsung di Uni Emirat Arab (UEA) selama bulan suci Ramadhan. Akan tetapi Khaleej Times merangkum tujuh di antara kemeriahan yang terjadi di negara tersebut.

Berikut tujuh di antara kemeriahan Ramadhan yang dilansir dari laman Khaleej Times pada Ahad (10/4):

Baca Juga

1. Penembakan meriam

Salah satu tradisi Ramadhan tertua di negara itu, penembakan meriam dimulai pada 1960-an untuk menandai buka puasa di saat masjid tidak memiliki pengeras suara. Namun, meski masjid-masjid mulai menggunakan pengeras suara, tradisi tersebut terus berlanjut hingga saat ini dan menjadi bagian dari perayaan Ramadhan.

Di daerah Al Majaz Sharjah, petugas polisi Sharjah menembakkan meriam. Ada berbagai daerah di Dubai dan UEA di mana meriam menyala menandakan akhir puasa saat matahari terbenam.

2. Keriuhan saat Iftar 

Saat waktu berbuka puasa semakin dekat, seluruh kota mulai hiruk pikuk dengan aktivitas. Sementara beberapa orang memilih untuk mengakhiri puasa di rumah, dan yang lain pergi ke masjid untuk pengalaman komunitas. Di Masjid Al Farooq Omar bin Al Khattab di Al Safa, setidaknya 1.200 orang berbuka puasa di tenda Ramadhan setiap hari.

3. Kios makanan ringan 

Setiap Ramadhan, disarankan untuk berjalan di sekitar jalan-jalan dan gang-gang 'Dubai Lama' pada sore hari.  Ini adalah pesta yang sesungguhnya untuk melihat deretan meja di luar restoran dan kafetaria yang menyajikan makanan ringan berbuka puasa yang menggiurkan. Dari pakoras pedas hingga samosa goreng hingga parippuvada yang renyah. Setiap jenis camilan ditawarkan di gang-gang yang menyimpan kisah-kisah dari era berbeda. 

4. Shalat Tarawih 

Saat malam tiba, pembacaan Alquran yang merdu memenuhi udara saat shalat Ramadhan khusus diadakan di ratusan masjid di seluruh kota dan negara.  Orang-orang beriman berkumpul dalam jumlah besar di masjid-masjid untuk shalat Tarawih ini.

5. Karak chai dan es krim

Setelah seharian penuh berpuasa dan shalat malam, orang-orang langsung menuju ke tempat makanan favorit mereka. Dari karak chai (teh) hingga es krim, kota ini menawarkan beragam pilihan. Terdapat beberapa tempat populer di Jumeirah, di sana ada antrian panjang mobil yang dengan sabar menunggu pesanan mereka diambil dan diantar.

6. Global Village

Global Village yang diperpanjang tahun ini telah menyiapkan rencana khusus untuk Ramadhan.  Sementara mereka yang berpuasa dapat menikmati Buka Puasa dan Sahur di Majlis, ada berbagai pertunjukan tradisional oleh pemain oud, qanun, dan nay.  

7. Pasar malam

Salah satu pengalaman berbelanja yang paling ditunggu selama Ramadhan adalah pasar malam. Dari rempah-rempah dan pakaian hingga henna dan oud, semua yang dibutuhkan untuk Ramadhan dan Idul Fitri tersedia di bawah satu atap di Souq Al Mirfa. Pasar malam menyediakan hiburan yang sehat untuk seluruh keluarga dengan area bermain anak-anak, kios perbelanjaan, penari tannoura, pejalan egrang, dan tempat makan langsung. 

Terpopuler