Agar tidak Nyeri Sendi Saat Sholat Tarawih, Ini Penjelasan Pakar

Rep: Haura Hafizah/ Red: Agung Sasongko

Ahad 10 Apr 2022 16:50 WIB

Sholat Tarawih (ilustrasi). Foto:

1

Sementara itu, Konsultan Bedah Ortopedi di Rumah Sakit Spesialis Kanada Dubai, Mohamed Abdurraouf Elghabrun mengatakan nyeri sendi biasa terjadi pada bulan Ramadhan dalam sholat Tarawih terutama pada kelompok usia lanjut karena ada peningkatan gerakan lutut selama sujud.

"Keluhan seperti itu juga bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi suplemen untuk kesehatan sendi.  Kasus-kasus seperti itu mungkin memerlukan beberapa obat anti-inflamasi dan jika kondisinya lebih dari ringan, shalat dapat dilakukan sambil duduk di kursi untuk mengurangi tekanan pada persendian," kata dia.

Ia menambahkan pasien dapat berkonsultasi dengan spesialis untuk menilai kondisinya dan mereka mungkin perlu menjalani rontgen dan tes darah serta pengobatan yang tepat untuk kondisi tersebut.

"Pada kelompok usia yang lebih muda, nyeri sendi terutama di kaki dan jempol kaki mungkin disebabkan oleh asam urat setelah diet tinggi protein,” kata dia.

Bagi yang menderita osteoarthritis lutut, puasa tidak mempengaruhi kesehatan secara umum tetapi perlu terus melakukan latihan fisik untuk memperkuat tulang rawan artikular.

 

"Berjalan setengah jam sehari atau lebih bahkan dua jam setelah berbuka puasa," kata dia.