Jumat 08 Apr 2022 20:09 WIB

Dinkes Garut Buat Vaksinasi Malam Hari di Toserba dan Masjid Agung

Di sejumlah tempat, layanan vaksinasi juga dibuka hingga selesai sholat tawarih.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah
Tenaga medis menyuntikkan vaksin Covid-19 ke warga (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah
Tenaga medis menyuntikkan vaksin Covid-19 ke warga (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Dinas Kesehatan Kabupaten Garut membuka layanan vaksinasi Covid-1 di sejumlah tempat keramaian selama Ramadhan 1443 H. Upaya itu dilakukan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi sebelum Lebaran. 

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Leli Yuliani, mengatakan, pihaknya membuka layanan vaksinasi di pusat perbelanjaan, Terminal Guntur, hingga Masjid Agung Kabupaten Garut. Di sejumlah tempat, layanan vaksinasi juga dibuka hingga selesai sholat tawarih. "Ini sudah dimulai sejak 6 April dan akan rutin setiap hari sampai Lebaran," kata dia, saat dihubungi Republika.co.id Jumat (8/4/2022).

Baca Juga

Ia menyebutkan, layanan vaksinasi yang dibuka pada malam hari diadakan di Toserba Yoma, Toserba Yogya, Toserba Asia, dan Ramayana, dengan jadwal pukul 18.00 hingga 20.00 WIB. Sementara di Masjid Agung Garut, vaksinasi digelar sejak pukul 17.00 hingga 19.30 WIB.

Sedangkan layanan vaksinasi pada siang hari juga dilakukan di Toserba Yoma, Toserba Yogya, Toserba Asia, Garut Plaza, Ramayana, IBC, Ria Busana, dan Terminal Guntur, dengan jadwal pukul 09.00 hingga 13.00 WIB. 

Leli mengatakan, sejak kegiatan vaksinasi itu dilakukan dalan dua hari terakhir, antusias masyarakat cukup baik. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, selama dua hari pelaksanaam, sudah terdapat 442 orang yang melaksanakan vaksinasi di sejumlah tempat itu. 

"Kalau dalam dua hari pertama, cukup baik antusiasnya. Namun banyak juga yang masih nanya-nanya, karena kan ini masih baru," kata dia. Leli menjelaskan, layanan vaksinasi itu dilakukan untuk menjaring masyarakat yang belum vaksin, sekaligus meningkatkan cakupan vaksinasi di Kabupaten Garut. Diharapkan, saat Lebaran nanti cakupan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Garut sudah cukup baik, terutama vaksinasi dosis ketiga (booster).

"Namanya juga upaya untuk meningkatkan imun masyarakat. Karena kalau Lebaran pasti banyak aktivitas masyarakat. Mudah-mudahan dampaknya tidak ada lonjakan kasus lagi," kata dia.

Menurut Leli, pihaknya memang sengaja melaksanakan vaksinasi pada malam hari saat Ramadhan. Sebab, biasanya masyarakat sedikit enggan untuk melaksanakan vaksinasi pada siang hari saat bulan puasa.

Pelaksanaan vaksinasi pada malam hari tak hanya dilakukan di wilayah perkotaan Kabupaten Garut. Ia mengatakan, setiap puskesmas telah diinstruksikan untuk selalu siaga melaksanakan vaksinasi.

"Itu tergantung kesepakatan dengan masyarakatnya. Kami selalu siap, asal tim satgas bisa memobilisasi sasaran. Jangan sampai sudah datang malam, yang datang hanya satu dua orang," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement