Jumat 08 Apr 2022 13:26 WIB

Cari Barang Lebih Mudah di Google dengan Multisearch

'Multisearch' membuat pengguna bisa mempersempit hasil pencarian.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
'Multisearch' membuat pengguna bisa mempersempit hasil pencarian.
Foto: 9to5google
'Multisearch' membuat pengguna bisa mempersempit hasil pencarian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menemukan sepatu kets, jaket, atau kacamata hitam yang tepat di Google bisa menjadi hal sulit. Anda bisa saja mendapatkan warna yang salah atau model tahun lalu. Oleh karena itu, Google telah menciptakan cara baru untuk mencari di perangkat Android di iOS.

Perusahaan menyebutnya sebagai multisearch atau multipencarian yang memungkinkan Anda mencari menggunakan gambar dan teks pada saat yang sama. Sebelumnya, fitur ini tidak pernah tersedia di Google. Konsep fiturnya adalah untuk mengambil foto atau menggunakan foto di perangkat lalu menambahkan teks tambahan untuk mempersempit hasil pencarian.

Baca Juga

Contoh yang disediakan Google termasuk menelusuri foto gaun dan menambahkan kata hijau untuk membuatnya dalam warna yang berbeda, mengambil foto perangkat makan Anda dan menambahkan kata meja kopi untuk mendapatkan meja yang cocok, atau mengambil foto tanaman dan menambahkan kata instruksi perawatan.

Cara menggunakan multisearch di Google

Dilansir Mashable, Jumat (8/4/2022), untuk menggunakan multisearch, pertama Anda buka aplikasi Google di Android atau iOS dan ketuk ikon kamera Lens. Anda dapat mengambil foto atau menelusuri salah satu tangkapan layar untuk memilih gambar. Kemudian, Anda dapat menggesek ke atas dan mengetuk simbol "+" lalu tombol "Add to your search" untuk menambahkan kueri teks.

Meskipun fitur multipencarian bukanlah sesuatu yang akan digunakan setiap hari, tapi fitur itu menjadi sangat berguna dalam momen tertentu. Google mengatakan untuk saat ini, multipencarian akan bekerja sangat baik dalam pencarian belanja.

Multipencarian saat ini tersedia sebagai fitur beta, hanya dalam bahasa Inggris, dan tersedia di Amerika. Sejauh ini belum ada kabar lebih lanjut kapan fitur itu dapat diperluas ke bahasa dan wilayah lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement