Resep Buka Puasa: Es Kendil, Pilihan Takjil Nikmat dan Segar dari Sumbawa

Red: Ani Nursalikah

Jumat 08 Apr 2022 13:11 WIB

Es kendil, minuman es khas dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Sajian ini bisa jadi pilihan segar untuk berbuka puasa. Resep Buka Puasa: Es Kendil, Pilihan Takjil Nikmat dan Segar dari Sumbawa Foto: ANTARA/Nabila Charisty Es kendil, minuman es khas dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Sajian ini bisa jadi pilihan segar untuk berbuka puasa. Resep Buka Puasa: Es Kendil, Pilihan Takjil Nikmat dan Segar dari Sumbawa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minuman dingin dan segar sebagai menu takjil untuk berbuka puasa kerap kali menjadi pilihan banyak orang, apalagi bila dikreasikan dengan berbagai macam bahan pelengkap yang memenuhi selera kita.

Apabila bosan dengan minuman es yang biasa disajikan saat Ramadhan seperti es cendol, es doger, dan es buah, maka pada Ramadhan 1443 Hijriyah ini, Anda bisa mencoba berkreasi membuat es kendil, sajian berbuka puasa khas Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga

Excecutive Sous Chef Hotel Indonesia Kempinski Heri Purnama mengatakan pada awalnya es kendil hanya boleh dikonsumsi oleh kalangan tertentu. Minuman ini hanya tersaji saat acara-acara besar seperti pernikahan, acara pertemuan raja, dan acara lainnya.

"NTB kan terik, sehingga sajian es kala itu adalah menu kudapan yang luar biasa, dan hanya bisa dinikmati oleh kalangan khusus. Tidak semua orang bisa menjual es semacam itu. Untuk topping, di Sumbawa terdapat banyak buah nangka dan alpukat, " kata chef yang pernah menyajikan es kendil di Amerika Serikat, Maladewa, dan Inggris itu, Kamis (7/4/2022).

Selain sehat karena menggunakan bahan dasar seperti susu tawar dan santan segar, es kendil ini juga begitu kaya akan rasa karena terdapat berbagai macam pugasan yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Berikut resep es kendil ala Executive Sous Chef Hotel Indonesia Kempinski Heri Purnama.

Resep Buka Puasa: Es Kendil, Pilihan Takjil Nikmat dan Segar dari Sumbawa

Bahan:

½ liter susu tawar

¼ santan segar

Sejumput garam

2 sdm madu atau buah kurma yang dikaramelisasi

Pelengkap:

Alpukat

Kelapa serut

Ketan hitam

Nangka

Tapai

Nata de coco

Potongan roti

Cara membuat:

1. Rebus santan segar sambil diaduk hingga mendidih, hindari suhu terlalu panas agar santan tidak pecah.

2. Tambahkan madu, dan beri sejumput garam.

3. Lalu, dinginkan adonan kemudian masukan ke dalam freezer, sampai membeku.

4. Serut adonan, tambahkan susu segar, dan beri topping sesuai selera.

5. Sajikan dengan menggunakan kendil atau panci dan mangkuk berbahan stainless agar suhu dinginnya tetap terjaga.

Chef Heri yang tumbuh besar di Pulau Sumbawa mengatakan takjil es kendil tersebut merupakan buah inspirasi dari kehidupan semasa kecilnya. Bermaksud membagikan kehangatan kampung halamannya dalam semangkuk rindu, ia mempersembahkan es kendil sebagai menu takjil di Restoran Signatures Hotel Indonesia Kempinski sebagai menu spesial berbuka puasa.

"Kendil dapat menjaga suhu es agar tetap dingin, aroma kendilnya juga membuat cita rasa esnya menonjolkan ciri khas tersendiri. Di Sumbawa, kendil itu ada dimana-mana, nah kalau mau diganti, saya rekomendasikan pakai stainless agar tetap dingin, " kata Chef Heri.