Jamuan Buka Puasa Muslim-Katolik Kembali Digelar di Chicago

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 08 Apr 2022 00:37 WIB

Setelah lebih dari dua tahun penundaan era pandemi, Kardinal Blase Cupich dan para pemimpin Islam daerah Chicago bersatu kembali pada awal Ramadhan ini. Jamuan buka puasa Muslim-Katolik pun kembali digelar, Kamis (7/4/2022). Jamuan Buka Puasa Muslim-Katolik Kembali Digelar di Chicago Foto: Chicago Tribune/Armando L. Sanchez Setelah lebih dari dua tahun penundaan era pandemi, Kardinal Blase Cupich dan para pemimpin Islam daerah Chicago bersatu kembali pada awal Ramadhan ini. Jamuan buka puasa Muslim-Katolik pun kembali digelar, Kamis (7/4/2022). Jamuan Buka Puasa Muslim-Katolik Kembali Digelar di Chicago

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Setelah lebih dari dua tahun penundaan era pandemi, Kardinal Blase Cupich dan para pemimpin Islam daerah Chicago bersatu kembali pada awal Ramadhan ini. Jamuan buka puasa Muslim-Katolik pun kembali digelar. 

“Tradisi lama antara Keuskupan Agung Chicago dan Dewan Organisasi Islam Chicago Raya, jamuan buka puasa tahunan Muslim-Katolik kembali diadakan tahun ini setelah dua tahun gangguan Covid-19,” kata ketua Dewan Irshad Khan dilansir dari Chicago Tribune, Kamis (7/4/2022). 

Baca Juga

“Tradisi ini sudah 23 tahun lalu, dan beberapa terakhir sudah virtual, jadi kami benar-benar merasakan hadirat Tuhan. Sangat spiritual memiliki semua orang bersama lagi,” kata Khan.

Cupich meminta umat Islam dan Katolik untuk bergabung selama makan malam buka puasa pada Selasa lalu. Cupich juga mengajak seluruh yang hadir untuk berdoa bersama, untuk orang-orang Ukraina yang menderita. “Kita saling membutuhkan, berdasarkan keyakinan dan praktik keagamaan kita masing-masing, untuk menghadapi tantangan dunia pascapandemi yang semakin penuh dengan perpecahan dan kepahitan,” kata Cupich, tamu kehormatan acara tersebut.

“Ketika umat Kristen memasuki Pekan Suci pada Ahad dan umat Islam memasuki bulan suci Ramadhan, mari kita bersama-sama membayangkan masa depan yang penuh dengan kedamaian, harapan, dan kegembiraan,” kata Cupich.

Bulan suci Ramadhan, yang dimulai pada 2 April, bertepatan dengan tradisi Katolik Prapaskah dan Pekan Suci mendatang, termasuk Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Malam Paskah Sabtu dan Minggu Paskah. 

Direktur Urusan Ekumenis dan Antaragama Keuskupan Agung Daniel Olsen mengatakan sebagai seorang anak yang tumbuh di sebuah kota kecil di Wisconsin, dia tidak mengenal Muslim. Bertahun-tahun kemudian, dia mengamati banyak nilai dan tradisi agama yang sama baik bagi Muslim maupun Katolik, yang dia sebut meruntuhkan beberapa kesalahpahaman.

“Umat Katolik sekarang di Prapaskah, yang semuanya tentang doa, puasa dan sedekah, dan itulah yang menjadi fokus teman-teman Muslim saya selama Ramadhan. Memahami hubungan itu berdampak besar bagi orang-orang, itulah sebabnya kami memulai penjangkauan dan kemitraan kami antara umat Katolik dan Muslim,” kata Olsen.

Di antara tradisi yang dianut oleh kedua kelompok agama tersebut adalah komitmen terhadap keadilan sosial, termasuk mendukung para tunawisma, imigran, dan pengungsi. Dewan Islam termasuk di antara beberapa organisasi yang mendukung pengungsi Adghanistan di Illinois awal tahun ini ketika badan-badan pemukiman kembali telah mencapai kapasitas.

Cupich berujar seseorang tidak bisa baik hanya secara teori. Kebaikan itu mengalir dari tanggapan yang murah hati kepada orang lain pada saat ini. “Menghadapi orang lain di mana mereka berada dalam perjalanan hidup mereka, seperti yang sering diingatkan Paus Fransiskus kepada kita, adalah langkah pertama yang penting dalam menciptakan fondasi untuk hubungan yang langgeng,” kata Cupich.

“Secara kolektif, kita bisa berbuat lebih banyak untuk membawa perubahan demi kebaikan daripada yang bisa kita lakukan sendiri,” katanya.

Pertemuan itu juga termasuk refleksi dari Sheikh Rizwan Ali, imam dan direktur agama Islamic Center of Naperville, yang menggarisbawahi pesan persatuan, kebaikan dan kasih sayang. Maggie Slavin (32 tahun), seorang guru biologi sekolah menengah dari Chicago, mengatakan bahwa dia telah lama mengagumi Cupich, dan sebagai seorang Muslim, sangat senang memiliki kesempatan untuk mendengarnya berbicara pada makan malam buka puasa selama malam itu.

“Semuanya telah menjadi sangat terpolarisasi sekarang, jadi sangat menyenangkan memiliki Muslim dan Katolik duduk bersama, dan bersama secara pribadi. Kami mungkin tidak memiliki agama yang sama, tetapi kami semua percaya pada kebaikan dan kasih sayang, dan memiliki begitu banyak kesamaan yang tidak disadari banyak orang,” kata Slavin.

https://www.chicagotribune.com/news/breaking/ct-ramadan-muslim-catholics-break-fast-20220406-ahn5jkk7kje3hms2elbujxybri-story.html